Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai adjusting journal entry atau jurnal penyesuaian yang biasa dilakukan pada akhir periode. Dengan program ERP (Enterprise Resources Planning) kita dapat mengurangi pekerjaan penyesuaian jurnal ini.

Penyesuaian-penyesuian yang dapat diotomatisasi adalah

  1. Deferred Revenues atau Unearned Revenues
    Dengan menggunakan aplikasi sales order dan sales shipment maka nilai dari Unearned Revenues dan Revenues dapat otomatis diadjust saat dilakukan pengiriman barang atau berita acara bagian penyelesaian suatu project.
  2. Accrued Revenues
    Dengan menggunakan aplikasi sales order dan sales shipment kita dapat langsung memposting junal AR pada revenues
  3. Deferred expenses
    Dengan menggunakan aplikasi Fixed Asset dan Prepaid expenses kita dapat membuat aplikasi kita membuat journal depresiasi maupun expenses pada prepaid expenses secara otomatis.
  4. Accrued expenses
    Dengan cara menginput setiap tagihan yang datang ke dalam aplikasi kita, maka otomatis account biaya pada kewajiban akan terupdate. Pada saat terjadi pengiriman barang maka program ERP juga akan secara otomatis mengupdate COGS (Cost of Goods Sold).
    Adanya aplikasi HR dan payrol juga memungkinkan biaya gaji pada kewajiban langsung terupdate .

Dengan adanya aplikasi ERP  maka banyak aktivitas penyesuaian yang bisa dikurangi. Dengan penggunaan ERP maka banyak aktivitas administrasi yang dikurangi karena sudah dilakukan otomasi oleh program ERP. Perusahaan yang menggunakan ERP juga lebih dapat memantau kesehatan perusahaannya lebih baik. Dari sini perusahaan yang menerapkan ERP mempunyai kesempatan bersaing dengan lebih baik.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Peran ERP dalam mengurangi adjustment entries
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday