Pada artikel sebelumnya kita membahas mengenai pembukuan piutang pelanggan yang tidak tertagih. Pertanyaan berikutnya pasti akan muncul dengan bagaimana membuat perkiraan piutang pelanggan yang tidak tertagih. Ada dua macam cara membuat perkiraan piutang yang tak tertagih ini yaitu berdasarkan presentasi penjualan kredit dan umur piutang.

Penjelasan mengenai cara membuat perkiraan piutang pelanggan tak tertagih adalah sebagai berikut

  1. Berdasarkan presentasi penjualan kredit.
    Perusahaan yang telah bertahun-tahun menjalankan bisnisnya akan mempunyai pengalaman berapa persen biasanya piutang yang tak tertagih yang tejadi pada penjualan kredit tiap tahunnya. Angka ini yang akan dijadikan pegangan untuk membuat jurnal penyesuaian piutang tak tertagih.
      
  2. Berdasarkan umur piutang
    Pelanggan yang mempunyai kemampuan membayar akan membayar sesuai term of payment. Sebaliknya pelanggan yang mengalami kesulitan keuangan akan menunda pembayaran dan tidak membayar. Secara logika kita dapat menyimpulkan bahwa makin lama umur piutang maka akan makin tinggi resikonya.
    Dari kesimpulan ini kita akan membuat presentasi kemungkinan piutang tak tertagih pada setiap umur piutang.
    Umur piutang yang pendek akan  kita alokasikan presentasi yang kecil, dan makin tinggi umur piutang maka akan kita berikan persentasi yang tinggi. Total angka yang dihasilkan akan dicatat sebagai perkiraan piutang tak tertagih.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Perkiraan angka piutang tak tertagih
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday