Untuk mengatasi kemungkinan permintaan barang yang tinggi, perusahaan meningkatkan produksinya atau menambah stok barang dagangannya. Tetapi terlalu tinggi dalam memperkiraan permintaan pelanggan ini akan menyebabkan meningkatnya biaya pengelolaan inventory dan dapat mengganggu arus kas atau cash flows. Arus kas yang seret dapat menjadi peringatan akan kemungkinan terlalu banyak stock.

Seperti halnya pergerakan Piutang menunjukkan pergerakan arus kas, begitu juga dengan pergerakan inventory.
COGS (Cost of Goods Sold) dalam Income Statement mungkin lebih besar atau lebih kecil daripada kas yang dibayarkan kepada pemasok.
Dalam melakukan pembelian, perusahaan biasa membeli dengan kredit, yaitu membuat purchase order, barang dikirim, timbul hutang dagang atau Account Payable, kemudian melakukan pembayaran kepada pemasok. Cara ini kita bisa katakan meminjam barang dari pemasok lebih dahulu.

Dari logika di atas, membeli tunai kepada pemasok akan mengurangi arus kas.
Membeli dengan cara kredit kepada pemasok, menambah hutang dagang atau menambah account payable bisa dikatakan menambah arus kas. Saat melakukan pembayaran kepada pemasok tentu akan mengurangi arus kas.

Kita juga dapat menyimpulkan bahwa membeli barang dagangan akan menambah inventory dan mengurangi arus kas, menjual barang dagangan akan mengurangi inventory dan menambah arus kas.

Kita dapat menyimpulkan

  1. Jika penjualan barang lebih besar daripada pembelian barang maka inventory akan berkurang dan arus kas akan ada penambahan
     
  2. Jika pembeian barang lebih besar daripada penjualan barang maka inventory akan bertambah dan arus kas akan ada pengurangan
     
  3. Jika pembayaran ke pemasok lebih kecil dibandingkan pembelian dalam periode tersebut, maka account payable atau piutang dagang akan naik, dan arus kas ada penambahan
     
  4. Jika pembayaran ke pemasok lebih besar dibandingkan pembelian dalam periode tersebut, maka account payable atau piutang dagang akan turun, dan arus kas ada pengurangan.

Dengan demikian asjustment Arus Kas pada Operasional adalah
+ Net Income + Pengurangan Inventory – Penambahan Inventory + Penambahan AP – Pengurangan AP.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Kaitan inventory dengan arus kas
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday