Seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya bahwa salah satu tujuan utama dari manajemen inventory adalah menyediakan stok berkualitas tinggi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan di sisi lain meminimalkan biaya untuk memelihara stok ini maka pada saat ini kita akan mempelajari yang menganalisa seberapa baik kemampuan inventory menghasilkan pendapatan dan tentu saja keuntungan bagi perusahaan. Kita akan mempelajari inventory turnover ratio.

Persamaan matematikanya adalah:

Inventory Turnover = Cost of Goods Sold / Average Inventory .

Inventory Turnover atau perputaran persediaan menunjukkan berapa kali rata-rata inventory atau persediaan diproduksi dan dijual pada periode tersebut.

Makin tinggi nilai Inventory Turnover Ratio berarti makin sering barang dijual dan tentu saja makin menambah pendapatan perusahaan dan makin menambah keuntungan perusahaan.

Di sisi lain nilai tinggi Inventory Turnover berarti barang cepat dijual, mengurangi tingkat keusangan barang dan mengindikasikan perusahaan cukup efisien dalam melakukan manajemen inventorynya. Makin efisien manajemen inventory berari perusahaan makin menghemat pengeluaran, mencegah meminjam uang ke pihak lain, dan memungkinkan menggunakan kas untuk investasi lain.

Produksi yang baik dan JIT (Just in Time Inventory) juga membuat perputaran persediaan tinggi.

Dalam melakukan benchmark dengan perusahaan lain, kita harus membandingkan Inventory Turnover dengan perusahaan lain yang sejenis. Restoran mempunyai Inventory Turnover yang sangat tinggi karena makanan yang dibuatnya harus cepat-cepat dijual, jika telat beberapa jam saja sudah basi.

Manajemen, kreditor dan investor memantau Inventory Turnover untuk memantau seberapa cepat inventory dapat menghasilkan pendapatan dan keuntungan bagi perusahaan. Banyak manajer dan analis melakukan penghitungan rata-rata seberapa cepat menjual inventory atau persediaan.

Untuk menghitung seberapa cepat menjual inventory maka rumus matematikanya:

Average Days to Sell Inventory = 365/Inventory Turnover.

Hasinya dalam days atau hari.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Analisa Inventory Turnover Ratio
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday