Kenaikan atau penurunan piutang dagang menjadi faktor penentu dari arus kas dari aktivitas operasi.onal Jika dalam income statement mencerminkan pendapatan, maka arus kas dari aktivitas operasional mencerminkan pembayaran dari pelanggan-pelanggan perusahaan. Aktivitas penjualan akan meningkatkan piutang atau account receivables, sebaliknya aktivitas pengumpulan pembayaran dari pelanggan menurunkan nilai piutang atau menurunkan nilai account receivables. Dengan demikian perbedaan nilai piutang pada awal periode dibandingkan dengan akhir periode akuntansi menggambarkan perbedaan atau selisih antara pendapatan dan pengumpulan pembayaran. 

Dalam suatu periode akuntansi, jika nilai piutang turun, maka berarti pengumpulan pembayaran dari pelanggan lebih besar dibanding pendapatan atau revenues yang terjadi pada periode tersebut. Dengan demikian penurunan nilai account receivables atau penurunan piutang akan meningkatkan cash flows atau arus kas sebesar penurunan piutang tersebut. Jadi pada operating activities efek pada arus kas adalah:
Net Income + Penurunan Piutang.

Sebaliknya jika nilai piutang atau account receivables naik, berarti pengumpulan pembayaran dari pelanggan-pelanggannya lebih kecil dibandingkan pendapatan atau revenues dalam periode tersebut . Ini berarti ada penurunan arus kas sebesar kenaikan tersebut. Pada operating activities efek dari arus kas adalah:
Net Income – Kenaikan piutang.

Perusahaan harus memperhatikan arus kas perusahaan. Pendapatan yang tinggi tetapi tidak diikuti pembayaran dari pelanggan bisa menggerogoti aset perusahaan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pengaruh piutang terhadap arus kas
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday