Berkaitan dengan standar akuntansi yang diterapkan di Indonesia kita perlu melihat organisasi IAI yang merupakan kependekan Ikatan Akuntan Indonesia. Dari website Ikatan Akuntansi Indonesia yang ada di http://iaiglobal.or.id  kita melihat kutipannya seperti berikut ini

“Ikatan Akuntan Indonesia yang selanjutnya disebut IAI, adalah organisasi profesi yang menaungi seluruh Akuntan Indonesia. Sebutan IAI dalam Bahasa Inggris adalah Institute of Indonesia Chartered Accountants.

IAI menjadi satu-satunya wadah yang mewakili profesi akuntan Indonesia secara keseluruhan, baik yang berpraktik sebagai akuntan sektor publik, akuntan sektor privat, akuntan pendidik, akuntan publik, akuntan manajemen, akuntan pajak, akuntan forensik, dan lainnya.”

Berkaitan dengan Standar Akuntasi Keuangan Indonesia yang ada di http://iaiglobal.or.id  kita akan mengutip seperti berikut ini:

“Standar Akuntansi Keuangan (SAK) adalah Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) dan Interpretasi Standar Akuntansi Keuangan (ISAK) yang diterbitkan oleh Dewan Standar Ikatan Akuntan Indonesia (DSAK IAI) dan Dewan Standar Syariah Ikatan Akuntan Indonesia (DSAS IAI) serta peraturan regulator pasar modal untuk entitas yang berada di bawah pengawasannya.

Efektif 1 Januari 2015 yang berlaku di Indonesia secara garis besar akan konvergen dengan International Financial Reporting Standards (IFRS) yang berlaku efektif 1 Januari 2014. DSAK IAI telah berhasil meminimalkan perbedaan antara kedua standar, dari tiga tahun di 1 januari 2012 menjadi satu tahun di 1 Januari 2015. Ini merupakan suatu bentuk komitmen Indonesia melalui DSAK IAI dalam memainkan perannya selaku satu-satunya anggota G20 di kawasan Asia Tenggara.”

Dari pernyataan tersebut kita meluhat bahwa PSAK atau Pernyataan Standar Keuangan Indonesia ini mengarah ke IFRS yang merupakan kependekan dari International Financial Reporting Standards. Dengan pernyataan ini untuk menjalankan praktek akuntansi di Indonesia maupun mengembangkan aplikasi akuntansi di Indonesia kita dapat mempelajari IFRS dan tentu saja juga PSAK.

Informasi lebih lanjut mengenai Ikatan Akuntan Indonesia silahkan mengunjungi http://iaiglobal.or.id.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.