Dalam menjalankan bisnisnya, perusahaan mungkin membutuhkan dana dari pihak luar untuk mendanai operasional perusahaan. Untuk itu perusahaan meminjam uang kepada pihak lain misalnya pihak bank. Berkaitan dengan pinjam meminjam ini maka biasanya ada kesepakatan mengenai besarnya uang yang akan dipinjam, tingkat suku bunga dan juga mengenai jadwal pengembalian uang pinjaman dan juga jadwal pembayaran bunganya. Perjanjian ini kemudian dituangkan dalam suatu dokumen kontrak yang disebut notes payable atau wesel bayar.

Pemberi pinjaman atau kreditor mau meminjamkan uangnya karena akan menerima bunga karena uang yang dipinjamkan dalam suatu periode tertentu tersebut tersebut. Konsep inilah yang disebut time value of money. Semakin lama kreditor meminjamkan uang, maka semakin banyak kreditor akan menerima pendapatan bunga.

Untuk menghitung bunga atau interest kita harus mempertimbangkan tiga hal berikut ini:

  1. Principal
    Principal ini merupakan jumlah uang yang dipinjamkan dari kreditor kepada perusahaan.
  2. Interest rate
    Interest rate ini merupakan suku bunga per tahun yang telah disepakati misalnya 12% per tahun.
     
  3. Time
    Time merupakan waktu yang telah berjalan sejak peminjaman

Secara singkat kita dapat menghitung bunga atau interest sebagai berikut:
Interest = Principal x Interest Rate x Time.

Bunga merupakan sumber pendapatan bagi kreditor. Bunga merupakan biaya atau beban dari debitor. Kewajiban dari debitor atau peminjam adalah menggunakan uang pinjaman untuk menjalankan bisnisnya sehingga menghasilkan keuntungan yang lebih besar dari cicilan dan beban bunga sehingga dapat mencicil hutang, membayar bunga dan mendapatkan keuntungan.

Sesuai konsep matching principle, maka bunga harus dibukuan saat terjadinya dan bukan saat dibayarkan. Jadi pada setiap akhir periode akuntansi beban bunga yang akan dibebankan pada periode tersebut harus dibukukan meskipun pembayarannya dapat dilakukan pada periode akuntansi berikutnya. Kita dapat memasukkan pembukan ini pada jurnal penyesuaian atau adjusting entries.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Wesel bayar atau notes notable
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday