Dalam melakukan monitoring server cPanel, kita perlu melakukan monitoring menggunakan email. Tujuannya adalah supaya kita bisa memantau tanpa login ke WHM dan juga kita dapat melakukan analisa offline.

Metode monitoring server  cPanel dengan email dilakukan dengan cara cPanel mengirimkan event-event yang penting terkait kesehatan server kepada email yang telah diset. Email ini ini adalah email khusus, jangan dicampur dengan email pribadi. Pastikan email-email ini didownload ke komputer supaya kita bisa menganalisa offile jika tiba-tiba server load dari cPanel tinggi.

Untuk melakukan setting email penerima alert silahkan masuk menu ‘Server Configuration – Basic cPanel & WHM Setup’  dan juga ke menu
‘Server Contacts – Edit System Mail Preferences’

Pastikan email tersebut masih dalam server yang sama, untuk backup atau forward boleh menggunakan server yang lain. Email juga boleh dibaca di perangkat mobile misalnya handphone dengan setting IMAP.

Untuk lebih memudahkan monitoring ini, email harus didownload melalui program Mozilla Thunderbird atau Microsoft Outlook. Pastikan selama anda menyalakan komputer program email client ini harus aktif seperti gambar di bawah ini:

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Monitoring server cPanel dengan email
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday