Dalam melaksanakan segenap aktivitas server, cPanel mungkin mengalami server load yang tinggi. Server load yang tinggi akan membuat website dan email lebih lambat diakses. Mencari penyebab server load adalah tidak mudah, berikut akan dibicarakan hal-hal yang menyebabkan server load tinggi.

  1. Antrian Email yang banyak
    Email yang tidak terkirim dan kemudian masuk dalam antrian akan menyebabkan load yang tinggi. Email yang ada dalam antrian bisa terjadi karena spam atau karena ada kesalahan server. Kalau penyebabnya spam maka tentu kita harus mencari email yang melakukan spam, mengganti passwordnya dan menghapus antrian spam. Sarankan juga pengguna email  untuk menggunakan SSL dalam program emailnya misalnya Outlook atau Thunderbird.

    Kita juga perlu membatasi jumlah pengiriman email per account untuk mencegah spam yang diakibatkan oleh virus.

    Kalau penyebabnya pada server, misal ada relay server kita yang mati, maka kita harus mengaktifkan relay server tersebut.
    Ada kemungkinan juga bandwidth yang disediakan ke server kita kurang, kalau ini terjadi berarti kita harus membeli bandwidth baru

  2. Aktivitas eximstats
    Bisa jadi data dalam eximstats kita terlalu besar, kita dapat mengurangi dengan jumlah hari yang akan kita simpan.
    Untuk mengurangi jumlah hari silahkan masuk Tweak Setting – Stats & Log – The interval, in days, to retain Exim stats in the database.
  3. Ada user yang banyak menggunakan process
    Kita dapat memeriksanya pada process manager.
  4. Service tertentu yang menguras memory
    Kita dapat mencoba menonaktifkan service dan melihat dampaknya.
    Coba juga mati-hidupkan melalui shell misal service httpd stop .
  5. Periksa mySQL Processes

  6. Aktivitas jaringan
    Ada kemungkinan ada aktivitas jaringan yang tinggi seperti penerimaan email yang berlebihan atau relay email yang berlebihan dari suatu IP Address. Jika ini terjadi silahkan anda hanya membuka port-port tertentu saja dan menutup port-port yang dicurigai melakukan aktivitas tinggi. Anda bisa melakukannya pada konfigurasi CSF ConfigServer dan Security. Tentu anda harus menginstall CSF ConfigServer dan Security .
  7. Kena hack
    Jika server kita kena hacked dan menyebabkan lumpuh, kita perlu menginstall CSF ConfigServer dan Security

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Mengatasi server load cPanel
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday