Saat ini berbagai hardware atau berbagai gadgets beredar di sekitar kita. Kita menjumpai server, laptop dan smartphone atau telepon cerdas. Kalau kita perhatikan masing-masing perangkat keras tersebut memiliki bahasa pemrograman masing-masing. Keadaan ini akan membuat pusing programmernya, atau bisa juga merekrut beberapa programmer tentunya biaya development akan semakin tinggi.

Menanggapi hal ini Microsoft mengembangkan .NET framework. Dalam framework ini Microsoft berusaha supaya programmer dapat menggunakan bahasa pemrograman yang sama dalam membuat pemrograman di berbagai perangkat keras. Konsepnya adalah dengan adanya Intermediate Language yang akan menyebarkan hasil pemrograman ke perangkat yang sesuai.

Dari https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/6/6f/CLR_diag.svg/400px-CLR_diag.svg.png kita dapat melihat konsepnya seperti berikut ini:

Dari gambar di atas kita dapat menggunakan Visual Studio untuk melakukan pemrograman dengan bahasa C#. Pada saat kita melakukan pemerograman kita akan melakukan compiling dan menghasilkan file exe. File exe sebenarnya bukan native code tetapi CIL (Common Intermediate Language) code. Code dalam CIL ini kemudian akan ditangkap CLR (Common Language Runtime) ke dalam native code sesuai perangkat keras masing-masing.

CLR (Common Language Runtime) ini menggunakan just-in-time compiler (JIT compiler) untuk menghasilkan native code sesuai kebutuhan program.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi https://en.wikipedia.org/wiki/.NET_Framework .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Microsoft Intermediate Language
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday