Berkaitan dengan mencetak pada menggunakan bahasa pemrograman C# maka kita dapat melakukan pemrograman menggunakan Windows Form Printing atau menggunakan WPF (Windows Presentation Foundation). Pencetakan Windows Form Printing berbasis pada pixel, sedangkan pada WPF ini berbasis pada vector. Dengan pengertian semacam ini, pada teknologi Windows Form Printing maka gambar akan pecah jika diperbesar, sedangkan menggunakan teknologi WPF gambar akan tetap tajam meskipun diperbesar.

  1. Windows Form Printing
    Komponen utama pencetakan dari aplikasi Windows Form adalah object PrintDocument. Seperti namanya maka itu berari merupakan obyek dari dokumen yang akan dicetak.

    Pada obyek PrintDocument ini kita menjalankan empat event penting yaitu
    a. BeginPrint
    b. QueryPageSetting
    c. PrintPage
    d. End Print
      

  2. WPF Printing
    Program dengan WPF (Windows Presentation Foundation) memiliki keunggulan dibandingkan dengan Windows Form. WPF control memiliki skalabilitas yang tak terbatas. Ini berarti juga dizoom sebesar apapun akan terlihat jelas.

    Pada saat melakukan pencetakan, WPF juga memiliki fitur skalabilitas tak terbatas. Banyak cara WPF melakukan pencetakan, dan yang sangat baik digunakan adalah menggunakan paginator dan creating document.

    Sebuah paginator merupakanobyek yang akan meng-generate halaman print-out. Dalam menggunakan paginator ini, kita menggunakan class turunan dari DocumentPaginator dan melakukan override GetPage untuk memguat halaman.

    WPF tidak menyediakan fasilitas printview. Untuk membuat simulasi printview kita dapat mencetak ke Micosoft XPS Document Writer.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.