Dalam membicarakan virtualiasi data center kita perlu membicarakan keunggulan Proxmox VE dibandingkan dengan hypervisor yang lain. Berikut keunggulan Proxmox VE dibandingkan dengan hypervisor utama dalam teknologi virtualisasi:

  1. Gratis
    Kita dapat download Proxmox, menginstal dan menggunakannya secara gratis. Kita dapat membuat infrastruktur cluster data center dengan fitur lengkap dan tidak perlu membayar apapun.
    Jika kita membutuhkan dukungan support kita dapat membeli layanan support. Berkaitan dengan update aplikasi, ada perbedaan antara versi yang membayar support dan yang gratis.  Untuk update yang berbayar ada tambahan pengetesan.
     
  2. Built in Firewall
    Proxmox VE mempunyai firewall sendiri yang melindungi cluster hingga masing-masing virtual machine.
     
  3. Mendukung Open vSwitch
    Open vSwitch merupakan virtual switch yang digunakan dalam lingkungan virtual. Proxmox VE mendukung penuh Open vSwitch.
     
  4. Tampilan grafis
    Selain menggunakan command line, Proxmox VE juga mendukung tampilan GUI (Graphical User Interface). Tampilan GUInya seperti berikut ini:

     
  5. Mendukung KVM
    KVM ini merupakan modul yang ditambahkan pada kernel Linux untuk menjalankan full virtualization. Proxmox VE menyediakan virtualisasi yang stabil pada KVM. Setiap Virtual Machine dalam lingkungan KVM tidak tergantung pada host operating system.
     
  6. Mendukung LXC (Linux container)
    LXC ini merupakan virtualisasi baru yang lebih efisien. LXC ini tergantung pada host operating system.
     
  7. Berbagai Plugin untuk storage
    Dalam lingkungan virtualisasi, storage digunakan untuk menyimpan disk images, ISO templates, backup dan lain-lain. Proxmox VE mendukung local directory, iSCSI, LVM, NFS, GlusterFS, Ceph RBD dan ZFS.
  8. Komunitas pengguna
    Komunitas pengguna Proxmox VE semakin berkembang dan saling membantu satu dengan yang lain.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

« | »