Kalau sebelumnya kita telah membahas SCSI, maka saat ini kita membahas mengenai iSCSI. Pembahasan iSCSI ini masih terkait dengan pembahasan kita mengenai virtualisasi menggunakan Proxmox VE.

Kepanjangan dari iSCSI adalah Internet Small Computer System Interface, secara mudah kita memahaminya sebagai sistem SCSI melalui internet. Dari halaman http://searchstorage.techtarget.com/definition/iSCSI kita mendapatkan gambarnya seperti berikut ini:

Dengan melihar gambar di atas kita dapat melihat hubungan antara iSCSI initiators dengan iSCSI SAN. Di sini iSCSI initiator menyampaikan command-command SCSI yang ditujukan ke iSCSI SAN. Kemudian iSCSI SAN akan meresponse dengan command-command yang juga berisi blok-clok data sesuai permintaan iSCSI initiators. Hasilnya adalah bahwa server memiliki suatu storage yang berasal dari iSCSI SAN.

Storage iSCSI banyak digunakan dalam penerapan virtualisasi pada perusahaan. Di sini iSCSI menmbuat suatu pool storage yang dapat diakses oleh server-server yang berada pada cluster tersebut. Dibanding dengan Fibre Channel SAN (FC SAN), iSCSI lebih mudah diimplementasikan karena menggunakan standart Ethernet. Di samping itu implementasi iSCSI lebih murah dibandingkan FC SAN.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi
1. http://searchstorage.techtarget.com/definition/iSCSI .
2. https://en.wikipedia.org/wiki/ISCSI

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pengertian iSCSI
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday