Pengertian virtualisasi adalah merancang sebuah sistem komputer yang terdiri dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) sehingga dalam sebuah komputer secara fisik dapat diisi berbagai macam sistem operasi yang secara virtual berdiri sendiri, terpisah satu dengan yang lain. Implementasi virtualisasi adalah dengan menggunakan hypervisor suatu perangkat lunak yang membuat layer/lapisan yang memungkinkan banyak sistem operasi bisa berjalan bersama-sama dengan menggunakan server fisik yang sama.

Misalnya sebuah server dengan RAM8 GB, Hardisk 500 GB dan processor Intel Quad Core dan mendukung virtualisasi, kita dapat menginstall 4 buah sistem operasi lain misalnya dua buah Centos dan dua buah Windows dengan masing-masing menggunakan RAM 2 GB, CPU 1 Core dan Hardisk 100 GB.

Teknik dalam virtualisasi dibagi dalam 3 cara yaitu

  1. Full virtualization
    Full virtualization memberikan feature penuh dari hardware kepada virtual machine yang dijalankan sebagai guests operating system. Teknik ini memungkinkan guests operating system yang berjalan di virtual machine bisa dijalankan tanpa melakukan modifikasi kepada guests operating system tersebut. Bahkan guests operating system dan plikasi yang berjalan di atasnya tidak sadar kalau dia berjakan dalam virtual machine. KVM (Kernel-based Virtual Machine) menggunakan teknik ini dan mempunyai tingkat optimasi yang paling optimal dibandingkan hypervisor-hypervisor yang lain.
  2. Para-virtualization
    Para-virtualization menggunakan sekumpulan software-sotware dan struktur data tertentu dalam menjalankan virtualiasi. Guest operating system perlu dimodifikasi supaya dapat berjalan baik pada teknik ini. Xen menggunakan teknik para-virtualization.
  3. Software emulation
    Dengan software emulation maka ada suatu aplikasi yang dijalankan untuk menjalankan sistem operasi lain. Teknik ini bisa digunakan untuk percobaan, jarang digunakan untuk kegiatan produksi.

Untuk instalasi KVM dapat dibaca di http://www.proweb.co.id/articles/erp/instalasi_kvm_centos.html .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pengantar virtualisasi
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday