Sebelum kita membahas mengenai virtio kita akan membicarakan mengenai full virtualization lebih dahulu. Pada full virtualization merupakan fitur yang menyenangkan karena kita menjalankan sistem operasi apa saja dan dijalankan secara virtualisasi. Tetapi ini akan menyebabkan kinerja menjadi turun dan efeknya akan terasa lambat karena hypervisor harus mengemulasi suatu device fisik tertentu, dan emulasi ini menjadi rumit dan tidak efisien.

Melihat situasi di atas maka kita melihat perlunya virtualisasi yang lebih sederhana dan juga efisien.

Virtio merupakan standar dalam virtualisasi untuk network dan disk device drivers. Dan tambahan lagi dalam virtualisasi ini driver yang berada dalam guest operating system ini tahu bahwa dia berada dalam linkungan virtualisasi. Dengan menyadari keberadaannya dalam linkungan virtualisasi, maka driver tersebut akan secara efisien akan bekerjasama dengan hypervisor.

Dengan menggunakan konsep tersebut, maka virtio memungkinkan performa tinggi dalam network performance dan juga disk performance sehingga memberikan performance tinggi dalam paravirtualization.

Virtio ini merupakan platform utama dalam IO virtualization pada KVM. Ide dari Virtio adalah menyediakan framework yang sama bagi hypervisor dalam menjalankan IO virtualization.

Berkaitan dengan pembahasan kita mengenai virtualisasi menggunakan Proxmox VE, Proxmox VE juga mendukung Virtio.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi
1. http://wiki.libvirt.org/page/Virtio .
2. http://www.linux-kvm.org/page/Virtio .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

« | »