Setelah kita membicarakan virtualisasi disk pada Proxmox VE maka kita masuk ke virtualisasi network pada Proxmox VE. Dalam virtualisasi network dengan menggunakan Proxmox VE ini kita akan membuat  switch virtual, router virtual dan juga network card virtual.

Dalam kehidupan sehari-hari kita akan menemui suatu LAN di mana semua komputer dapat saling berkomunikasi. Kemudian ada suatu modem yang juga berfungsi sebagat NAT (Network Address Translation) untuk kepentingan akses internet. Modem yang berfungsi LAN ini akan memberi jalan pengguna LAN mengakses internet, tetapi di sisi yang lain tidak memperbolehkan pihak luar yang berada di internet mengakses komputer yang ada di LAN. Jadi NAT ini membuka jalan keluar, tetapi menutup jalan masuk.

Kemudian pada kondisi yang lebih kompleks misalnya suatu perusahaan terdiri dari banyak divisi dan menempati banyak lantai maka untuk efisisensi jaringan dibuat segmen-segmen LAN yang basanya satu segmen LAN menempati suatu lantai. Kemudian antar LAN-LAN ini kemudian saling berhubungan melalui router.

Berkaitan dengan virtualisasi network ini, maka Proxmox VE memiliki kemampuan virtualisasi:

  1. Bridged
    Konfigurasi bidged ini merupakan konfigurasi yang sederhana, di mana semua virtual machine terhubung ke dalam virtual switch atau virtual bridge.
     
  2. Masquerading menggunakan NAT
    Pada konfigurasi NAT ini maka virtual machine bisa mengakses ke luar, tetapi dari luar tidak bisa masuk ke virtual machine. Untuk konfigurasi virtual machine kita dapat masuk ke console pada tools management tentunya. Kemudian supaya ada virtual machine yang bisa diakses dari luar bisa dilakukan port forwarding.
     
  3. Konfigurasi router
    Proxmox VE juga bisa membuat virtual-virtual machine dihubungkan menggunakan virtual router yang juga dibuat di dalam Proxmox VE.
     
  4. VLAN
    Pengertian VLAN di sini lokasi LAN yang berbeda tetapi merasa seolah-olah berada dalam satu LAN.
     
  5. NIC Bonding
    NIC Bonding ini memampukan dua buah network card memiliki MAC address yang sama.  NIC Bonding ini digunakan misalnya untuk kebutuhan fault tolerance

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.