Virtualisasi storage pada VMware vSphere merupakan gabungan dari fitur vSphere dan API yang menyediakan abstraksi yang berasal dari storage yang bersifat fisik.  Dari abstraksi kemudian akan dikelola dan dioptimasi untuk deployment virtualisasi.

Teknologi virtualisasi storage memudahkan kita mengelola storate dengan lebih baik. Dengan virtualisasi storage ini kita padat

  1. Menggunakan storage secara maksimal dan juga fleksibel.
  2. Menyederhanakan patching pada sistem operasi
  3. Meningkatkan uptime dari aplikasi kita
  4. Menyederhanakan operasional hari demi hari

Storage Fisik
Dalam lingkungan server fisik, server memiliki storage secara langsung. Di sini server menggunakan seluruh storage yang ada tersebut. Ataupun jika kita mau menggunakan sharing kita dapat mengunakan NAS. Gambar storage fisik dapat dilihat pada gambar di bawah ini yang bisa juga dilihat di https://www.vmware.com/products/vsphere/features/storage.html .

 

Datastore dan Virtual Machine
Sebuah virtual machine akan disimpan dalam file-file pada foldernya sendiri dalam sebuah datastore. Datastore juga dapat menyimpan image ISO, template VM dan juga image dari floppy. Backend dari datastore dapat berupa VMFS (Virtual Machine File System) atau NFS (Network File System). Sebuah datastore VMFS dapat diimplementasikan pada lokal SCSI atau networked storage device, sedangkan datastore NFS dapat diimplementasikan pada NAS (Network Attached Storage). Kita dapat melihat datastore seperti gambar di bawah ini atau bisa dilihat juga di https://www.vmware.com/products/vsphere/features/storage.html .

 

VMware Virtual Machine File System
VMware vSphere VMFS mengijinkan banyak server vSphere mengakses shared virtial machine storage secara bersama-sama.
Kita dapat melihat VHMS seperti gambar berikut atau bisa dilihat juga di https://www.vmware.com/products/vsphere/features/storage.html

 

Pandangan Sistem Operasi
Karena kepandaian vSphere dalam menyederhanakan akses ke storage, maka sistem operasi juga dapat dengan mudah mengakses storage yang sebenarnya virtual. Guest operating system akan melihat sebagai SCSI biasa atau IDE biasa sehingga guest operating system melihat seperti halnya hardware biasa. Dengan demikian maka akan sangat memudahkan, mengefektifkan dan mengefisienkan pengelolaan storage yang telah diinvestasika perusahaan.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi https://www.vmware.com/products/vsphere/features/storage.html .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Storage dalam virtualisasi
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday