Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai setting server cPanel agar SpamAssassin memberikan layanan content filtering, maka langkah selanjutnya adalah melakukan setting di cPanel account untuk dapat menggunakan layanan content filtering yang dilayani oleh SpamAssassin ini.  

Langkah-langkah mengaktifkan layanan content filtering menggunakan Apache SpamAssassin pada cPanel adalah seperti berikut ini

  1. Login ke cPanel
  2. Masuk ke menu Email – Apache SpamAssassin
  3. Aktifkan Apache SpamAssassin

Setelah kita mengaktifkan Apache SpamAssassin ini kita juga dapat memilih mau langsung mendelete email yang dianggap spam atau tetap mau masuk ke dalam Inbox kita. Jika kita langsung mendelete email, maka ada kemungkinan email yang dianggap spam tapi berisi informasi penting maka akan terdelete.

Kemudian kita juga akan menjumpai fitur Spam Box. Jika diaktifkan maka pada tiap email box akan dijumpai folder Spam yang akan berisi email-email yang dianggap spam. Tentu fitur ini bisa berjalan jika kita tidak membuat setting auto delete email yang dianggap spam.

Jika kit tidak mau menggunakan fitur Spam Box, kita juga dapat membuat rule-rule sesuai kebutuhan kita. Rule dapat di set pada cPanel di menu Email – Global Email Filters dan Email – Email Filters. Kita juga dapat menggunakan Email Filter pada email client misalnya Mozilla Thunderbird.

Pada menu Configure SpamAssassin kita juga dapat melkukan seting blacklist dan whitelist.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi https://documentation.cpanel.net/display/ALD/Apache+SpamAssassin .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Mengaktifkan SpamAssassin pada cPanel
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday