Articles

Pentingnya satu atap web developer dan web hosting

Perusahaan bisa memilih web developer sendiri dan juga web hosting secara terpisah. Lebih baik manakah memilih terpisah atau memilih satu saja ?

Memilih tempat yang terpisah antara web developer dan web hosting mungkin akan mengurangi biaya, mungkin juga akan memudahkan kita memilih tempat web hosting yang kita sukai.

Tetapi memisahkan web developer dan web hosting akan menyisakan masalah jika ada masalah yang timbul misalnya saja website down. Website down bisa disebabkan karena ada masalah di server maupun di jaringan atau masalah yang timbul terkait aplikasi yang dibuat. Jika masalahnya di server atau jaringan maka mudah diidentifikasi bahwa masalahnya adalah di pihak hosting.

Tetapi jika masalahnya berada di daerah yang tidak jelas maka akan terjadi saling melempar tanggung jawab antara web developer dan web hosting.
Sebagai contoh ada error di script. Pihak web hosting akan mengatakan bahwa masalahnya di pihak web developer, di lain pihak web developer akan bilang masalahnya di web hosting karena waktu dibuat tidak ada error masalah tersebut. Client akan dibuat terombang-ambing karena saling melempar tanggung jawab antara web developer dan web hosting.

Contoh error script yang sering terjadi adalah web developer membuat script yang kurang efisien. Pada waktu website didevelop maka akan berjalan normal. Seiring website semakin terkenal maka akan menyebabkan penggunaan memory yang tinggi dan website kemudian down. Dalam kasus ini maka pihak web hosting dan pihak web developer masing-masing mempunyai alasan untuk melempar tanggung jawab.

Masalah di atas dapat dicegah jika web developer juga memegang web hostingnya. Client hanya mengenal satu pintu yaitu web developer. Pihak web developer akan bertanggung jawab baik script maupun web hostingnya.

Untuk memaksimalkan pelayanan, PT Proweb Indonesia juga memberikan layanan web hosting untuk setiap web yang dikembangkannya. Untuk memastikan server berjalan dengan maksimal, server PT Proweb Indonesia hanya diisi oleh website yang dikembangkan PT Proweb Indonesia. Dengan demikian kami dapat mengendalikan seluruh sumber daya (resources)  dan infrastruktur yang dimiliki PT Proweb Indonesia.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Other FAQ Articles:
Cara memilih web developer
Pentingnya alamat nyata
Pentingnya satu atap web developer dan web hosting
Membuat blog atau membuat website sendiri ?
SEO atau SEM ?
Memilih freelance atau perusahaan?
Manfaat website bagi perusahaan