Articles

Mencari record lama DNS

Kita mungkin mengalami situasi di mana kita membutuhkan record lama DNS. Sebagai contoh kita terlanjur sudah memindahkan name server tetapi lupa name server yang lama. Untuk itu kita membutuhkan informasi paling tidak name server lama dari domain tersebut. Dan cara yang paling cepat adalah searching di Google untuk mencari solusi dari teman-teman yang pernah mengalami kasus yang sama.

Pertama-tama kita melakukan searching di Google dengan keyword `get old dns records` dan ternyata Google menyarankan masuk ke halaman https://woorkup.com/view-dns-history-free/ . Setelah kita masuk ke halaman tersebut kita dapat memanfaatkan tools yang ada di

  1. Complete DNS
    Website complete DNS ada di https://completedns.com/dns-history/ .
    Pada website complete DNS ini kita akan mendapatkan informasi perubahan name server. Informasi ini cukup membantu kita untuk melakukan query ns record ke DNS lama menggunakan perintah dig. Kita dapat melakukan perintah dig sesuai artikel di http://droptips.com/using-dig-to-query-a-specific-dns-server-name-server-directly-linux-bsd-osx untuk melakukan query ke dns lama dari domain kita. Contoh query untuk mendapatkan informasi IP address lama adalah:
    dig domainku.id @ns.lama.com   .
     
  2. DNS Trails
    Website DNS trails ada di http://dnstrails.com/ . Pada DNS trail ini akan dimunculkan history perubahan-perubahan pada name server, record A, ip dari www maupun seting MX record.
     
  3. DNS History
    Website Dnshistory ada di https://woorkup.com/view-dns-history-free/ . Seperti namanya pada website DNS history ini kita akan melihat perubahan name server suatu domain.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Other Hosting Articles:
Mencari record lama DNS
Hosting untuk company profile