Salah satu aspek dalam menentukan kebutuhan training dalam perusahaan adalah analisa organisasi perusahaan. Ada tiga hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih training sebagai solusi terhadap tantangan yang dihadapi perusahaan. Perusahaan perlu mempertimbangkan:
1. Strategi perusahaan
2. Sumber training
3. Dukungan dari atasan dan rekan sekerja

  1. Strategi perusahaan
    Dalam artikel-artikel sebelumnya kita telah membahas pentingnya kualitas sumber daya manusia dalam meningkatkan kinerja perusahaan terutama jika kita membicarakan persaingan antar perusahaan dalam merebutkan pelanggan. Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia perusahaan ini adalah dengan memberikan training bagi karyawan yang tentu saja harus sesuai dengan strategi perusahaan. Perusahaan sudah menetapkan strategi dan karyawan-karyawan diberi training untuk mendukung strategi perusahaan tersebut.

    Misal perusahaan menjalankan strategi peningkatan kepuasan pelanggan untuk mempertahankan pelanggannya. Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, maka karyawan yang berhubungan langsung dengan pelanggan perlu ditraining bagaimana melayani pelanggan dengan ramah dan sesuai kebutuhan pelanggan. Dengan demikian pelanggan akan merasakan senang dan tetap menjadi pelanggan perusahaan.
      

  2. Sumber training
    Dalam memberikan training perusahaan dapat menjalankan training internal yang diberikan oleh karyawan senior dalam perusahaan. Perusahaan dapat juga mengirimkan karyawan-karyawannya untuk mengikuti pelatihan di lembaga pelatihan. Perusahaan dapat juga memanggil trainer dari luar perusahaan untuk memberikan training bagi karyawan-karyawannya.

    Jika kita memilih sumber training dari luar kita perlu memperhatikan pengalaman dari vendor training tersebut. Kita perlu menanyakan training apa saja yang diberikan vendor training tersebut, siapa pelanggan-pelanggan dari vendor training tersebut dan bagaimana kita bisa melihat contoh trainingnya. Dari hal-hal ini kita dapat memperkirakan sampai di mana kualitas dari vendor training tersebut.
      

  3. Dukungan dari atasan dan rekan sekerja
    Supaya training memberikan manfaat bagi perusahaan maka karyawan yang sudah mendapatkan training harus dapat menerapkan apa yang telah dipelajari dari training untuk diterapkan dalam pekerjaannya. Di sini dukungan dari atasan dan rekan sekerja diperlukan supaya karyawan tersebut dapat menerapkan apa yang telah dipelajari dalam training

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Analisa organisasi dalam merancang training
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday