Analisa pekerjaan merupakan proses pengumpulan informasi secara rinci mengenai tugas. Sangat penting bagi perusahaan untuk memahami job description, job requirement dan juga kandidat yang sesuai untuk menghasilkan kinerja yang tinggi apalagi di era persaingan yang semakin besar ini.

Analisa pekerjaan merupakan suatu bagian penting dari tugas departemen sumber daya manusia. Pada artikel sebelumnya kita telah membahas fungsi HRM(Human Resource Management) yaitu:
1. Job Analysis dan job design
2. Reckruitmen dan seleksi
3. Pelatihan dan pengembangan
4. Performance Management
5. Pay Structure, Incentives, dan Benefit
6. Buruh dan organisasi buruh

Kalau kita mengamati bahwa fungsi-fungsi HRM di atas membutuhkan informasi yang ada pada analisa pekerjaan. Proses rekrutmen, proses seleksi, proses pelatihan, proses pengembangan, proses performance management dan struktur penggajian mengambil informasi dari analisa pekerjaan.

Perancangan tugas atau perancangan pekerjaan atau ada juga yang menyebut perancangan jabatan merupakan proses bagi perusahaan agar dapat menjalankan strategi perusahaan dengan efektif dan efisien. Efektif berarti strategi dan dijalankan dengan baik, efisien berarti strategi dapat dijalankan dengan biaya yang dapat dipertanggungjawabkan. Untuk dapat melakukan perancangan pekerjaan dengan baik, perusahaan perlu memiliki informasi yang rinci mengenai tugas-tugas yang diperlukan perusahaan.

Departement HRM kemudian menganalisa kebutuhan sumber daya kemudian mengambil langkah-langkah mencari kandidat untuk mengisi kebutuhan sumber daya manusia tersebut. Di sini departemen SDM (Sumber Daya Manusia) kemudian melakukan rekruitmen. Setelah proses rekruitmen biasanya akan datang banyak kandidat-kandidat yang melamar.

Departeman SDM ini kemudian menyeleksi kandidat-kandidat untuk untuk dijadikan karyawan. Tentu saja proses seleksi ini sesuai dengan analisa pekerjaan yang telah dibuat sebelumnya. Departemen SDM akan menyeleksi kandidat-kandidat apakah memiliki knowledge, skills dan ability sesuai dengan analisa pekerjaan yang telah dibuat. Kandidat yang diterima harus memiliki pengetahuan, ketrampilan dan kemampuan tertentu yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Setelah kandidat diterima mejnadi karyawan, karyawan akan diberikan pelatihan-pelatihan agar dapat bekerja dengan nyaman dan efektif.  Tentu saja materi pelatihan ini juga sesuai dengan analisa pekerjaan yang telah dibuat sebelumnya.  Pelatihan ada yang singkat, ada juga yang berhari-hari atau berbulan-bulan.

Dalam melakukan evaluasi atau performance management, manajer akan memberikan penilaian berdasarkan kinerja dari staf-stafnya. Kinerja ini tentu dihubungkan dengan job description, dan jobs description ini berasal dari analisa pekerjaan yang telah dibuat sebelumnya.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pentingnya analisa pekerjaan
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday