Pada artikel sebelumnya kita telah membahas formulasi strategi yang membahas di mana perusahaan akan berkompetisi dan dengan cara bagaimana perusahaan berkompetisi dan bisa memenangkan persaingan pasar. Kemudian kita juga sudah membahas mengenai implementasi strategi yaitu bagaimana formulasi strategi diterjemahkan dalam operasional hari demi hari perusahaan.

Pengantar
Pada implementasi strategi langkah pertama terkait dengan fungsi HRM (Human Resources Management) adalah menganalisa pekerjaaan dan merancang pekerjaan. Salah satu aspek penting dalam formulasi strategi adalah bagaimana strategi itu bisa direalisasikan. Dalam merealisasikan strategi perusahaan tentu membutuhkan team untuk mengerjakan. Di sini setiap karyawan memiliki pekerjaan yang berhubungan dengan pekerjaan karyawan lain dan semua aktivitas kerja karyawan adalah untuk menjalankan strategi perusahaan. Kemampuan perusahaan untuk mengintegrasikan pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan karyawan dalam menjalankan strategi perusahaan akan menentukan kemampuan perusahaan menghadapi persaingan pasar. Di sini kemampuan perusahaan mempimpin internal perusahaan menghadapi eksternal perusahaan sangat menentukan keberhasilan perusahaan.

Strategi Cost Leadership
Perusahaan yang menjalankan strategi cost leadership akan menjalankan strategi penghematan biaya. Terkait dengan SDM (Sumber Daya Manusia), departemen SDM akan merancang akan pekerjaan dapat dilakukan oleh karyawan dengan skill yang rendah dan memerlukan training yang sedikit. Dengan skill yang rendah ini maka biaya untuk sumber daya manusia dapat ditekan. Di sini perlu standarisasi dan pengawasan yang ketat untuk mengurangi kesalahan, supaya kesalahan tidak terbawa ke proses berikutnya, karena produk yang cacat akan mengecewakan pelanggan dan menambah biaya perbaikan. Tentu saja dalam memberikan upah kepada pekerja, departemen SDM harus memperhatikan peraturan ketenagakerjaan seperti UMR (Upah Minimum Regional), UMP (Upah Minimum Propinsi ) dan juga UMK (Upah Minimum Kota).

Strategi diferensiasi produk
Perusahaan juga dapat memilih diferensiasi produk dalam menjalankan strategi perusahaan. Di sini perusahaan harus berinovasi untuk menghasilkan produk yang berbeda dengan produk yang sejenis. Dalam strategi diferensiasi produk ini perusahaan akan mencari karyawan-karyawan dengan pengetahuan dan ketrampilan tinggi dengan demikian perusahaan membayar gaji yang tinggi pula.  Di sini perusahaan perlu merancang pekerjaan yang memungkinkan karyawan terus mengembangkan dirinya sehingga menghasilkan produk yang inovatif. Perusahaan perlu mengembangkan strategi untuk mendapatkan karyawan dengan talenta terbaik dan menjaganya agar betah bekerja di perusahaan. Perusahaan yang memilih strategi diferensiasi produk dapat menjual produknya lebih tinggi dibanding produk sejenis yang ada di pasaran.

Tentu saja tidak ada cara terbaik dalam menjalankan strategi perusahaan. Perusahaan harus melihat berbagai hal antara lain lingkungan, strategi kompetitif, budaya kerja dan filosofi perusahaan. Perusahaan harus peka terhadap perubahan internal dan eksternal perusahaan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Analisa dan perancangan pekerjaan
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday