Dala artikel sebelumnya kita telah membahas bagaimana HRM menanggapi strategi perusahaan. Hal lain yang perlu diperhatikan HRM atau departemen SDM (Sumber Daya Manusia) adalah peningkatan ukuran bisnis atau pengurangan ukuran bisnis. Peningkatan atau pengurangan bisnis ini tentu mempengaruhi fungsi HRM (Human Resource Management).

Berkaitan dengan ukuran bisnis perusahaan, maka ada empat arahan strategi yaitu

  1. Strategi konsentrasi
    Pada concentration strategies ini perusahaan fokus produk dan market yang telah dikuasai dengan baik. Terkait HRM maka perusahaan perlu memelihara keahlian-keahlian yang diperlukan perusahaan perusahaan. Perusahaan perlu memberikan pelatihan-pelatihan agar perusahaan memiliki karyawan-karyawan dengan  keahlian-keahlian yang diperlukan perusahaan. Tentu saja perusahaan harus memiliki strategi supaya karyawan-karyawan yang telah memiliki keahlian-keahlian tersebut betah bekerja di perusahaan.
  2. Strategi bertumbuh secara internal
    Pada internal growth strategies ini perusahaan mengembangkan pasar, mengembangkan lini produk dan terus melakukan inovasi produk.  Terkait HRM perusahaan harus dapat mengembangkan sistem kerja yang mendukung strategi ini. 
     
  3. Strategi merger dan akuisisi
    Strategi merger dan akuisisi merupakan strategi untuk mengurangi persaingan. Strategi ini juga dapat merupakan strategi untuk menambah portfolio produk. Terkait dengan HRM, perusahaan perlu memikirkan dampak yang berhubungan dengan manusia terkait dengan penggabungan beberapa perusahaan yang tentu saja berbeda budaya ini. Harus ada team yang menangani dampak penggabungan ini.
      
  4. Strategi downsizing
    Strategi downsising ini merupakan strategi yang berat karena harus memberhentikan karyawan. Karyawan yang diberhentikan kemungkinan besar merasa sangat tidak nyaman. Karyawan yang masih terus bekerja merasa kawatir karena berarti perusahaan tempat dia bekerja bukan merupakan perusahaan yang sehat.
    Dari sisi perusahaan, perusahaan ingin memberhentikan karyawan yang kurang berkualitas. Tetapi di sisi lain, karyawan yang berkualitas justru ingin meninggalkan perusahaan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Ukuran bisnis pada arahan strategi
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday