Perusahaan memiliki bermacam cara untuk mencapai keunggulan kompetitif atau competitive advantage. Sebagian besar masuk di cost efficient yang berarti menekan biaya sedemikian hingga bisa menjual paling murah supaya menjadi rebutan pelanggan. Ada yang masuk di kualitas tinggi dalam keunggulan kompetitif, ada juga yang mengunggulkan layanan pelanggan dalam mencapai competitive advantage.

Ada yang mengandalkan lokasi produksi dan pemasaran sebagai keunggulan. Ada juga yang mengunggulkan sebagai perusahaan yang memiliki produk lengkap, ada juga perusahaan yang mengunggulkan tingkat spesialisasi dalam bersaing di pasaran.

Ada yang mengunggulkan memiliki team yang lengkap sebagai keunggulan, ada yang mengandalkan outsourcing kepada perusahaan lain. Ada perusahaan yang mengandalkan pasar yang kuat dalam negeri, ada perusahaan yang mengandalkan pasar global. Ada perusahaan yang fokus pada lini tertentu, ada perusahaan yang menjual apa saja yang bisa dijual.

Di sini HRM atau Human Resources Management harus berperan aktif mendukung keungggulan kompetitif yang dimiliki perusahaan. Departemen sumber daya manusia harus bersinergi dengan strategi perusahaan.
Untuk itu maka manajer HRD (Human Resources Development) atau manajer SDM (Sumber Daya Manusia) harus

  1. Harus memiliki perencanaan termasuk berbagai alternatif dalam kaitannya dengan sumber daya manusia untuk mendukung strategi perusahaan. Manajer bagian SDM (Sumber Daya Manusia) harus menguasai hal-hal terkait organisasi dan karyawan. Pastikan suasana kerja mendukung strategi perusahaan.
      
  2. Mempunyai pemahaman yang tajam mengenai strategi perusahaan.
    Perusahaan yang baik memiliki strategi yang jelas. Manajer SDM harus memahami dengan jelas strategi perusahaan tersebut terutama dalam hubungannya bagaimana supaya sumber daya manusia yang akan direkrut sesuai dengan strategi perusahaan
     
  3. Memahami dengan pasti kebutuhan  karyawan yang memiliki pengetahuan, kemampuan dan pengalaman sesuai strategi perusahaan.
    Dalam memahami strategi perusahaan, manajer SDM langsung mengetahui skill-skill apa yang dibutuhkan untuk mewujudkan strategi perusahaan. Di sini bagian dari HRM (Human Resource Management) harus memiliki strategi untuk mendapatkan karyawan yang sesuai dengan skill yang dibutuhkan.
     
  4. Mengembangkan program supaya perusahaan memiliki karyawan yang memiliki pengetahuan, kemampuan dan pengalaman yang dibutuhkan perusahaan. Ada beberapa skill yang perlu melakukan training atau pelatihan. Departemen SDM (Sumber Daya Manusia) harus memperhatikan kebutuhan training setiap karyawan untuk mendukung perusahaan mencapai strategi perusahaan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Aspek strategis HRM
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday