Articles

Pengertian Balance Scorecard dan KPI

Berkaitan dengan pengukuran performance ataupengukuran kinerja kita mungkin pernah mendengar BSC (Balance Scorecard) dan KPI (Key Performance Indicator). Dari istilahnya kita bisa memahami bahwa Balance Scorecard berhubungan dengan keseimbangan dan Key Performance Indicator ini berhubungan indikator dari kinerja.

Secara umum kita dapat memahami adalah bahwa Balance Scorecard ini merupakan strategi perusahaan agar ada keseimbangan antara
a. perspektif pembelajaran
b. perspektif proses bisnis
c. perspektif pelanggan
d. perspektif keuangan.

Kemudian secara umum juga kita memahami KPI atau Key Performance Indicator adalah penjabaran detail dari Balance Scorecard menjadi indikator-indikator untuk melakukan pengukuran performance atau pengukuran kinerja.

Balance Scorecard merupakan strategi perusahaan dalam membuat perencanaan dan sistem manajemen dalam mengelola perusahaan. Dengan menggunakan Balance Scorecard maka aktivitas perusahaan akan terus menyesuaikan diri dengan visi, misi dan strategi perusahaan. Perusahaan akan terus meningkatkan komunikasi baik secara internal maupun eksternal. Perusahaan juga menggunakan Balance Scorecard untuk secara terus-menerus memantau aktivitas perusahaan apakah sesuai dengan jalur dan gol yang sudah ditetapkan. Balance Scorecard ditemukan oleh Drs. Robert Kaplan dari Harvard Business School dan David Norton.

Secara singkat perspektif-perspektif yang akan diseimbangkan dalam Balance Scorecard adalah

  1. Prespektif pembelajaran
    Learning and growth presepektif merupakan perspektif yang perlu dibudayakan dalam perusahaan. Kemajuan teknologi dan tingkat persaingan yang semakin tinggi menuntut pengembangan kualitas produk dan layanan yang terus-menerus perlu dilakukan. Dalam pengembangan kualitas produk dan layanan ini memerlukan sumber daya manusia yang terus-menerus perlu meningkatkan baik wawasan dan keahliannya. Supaya kualitas manusia ini dapat meningkat secara terus-menerus maka setiap karyawan harus terus menerus belajar baik secara training informasi, mentoring, coaching atau belajar secara mandiri
      
  2. Perspektif proses bisnis
    Dalam Business Process Perspectif ini akan melihat perspektif proses bisnis internal perusahaan. Matrik yang disusun digunakan untuk mengukur performance berkaitan dengan proses bisnis perusahaan. Di sini matrik bisa disusun misalnya mempercepat waktu pengembangan produk, peningkatan kualitas produk, penghematan biaya bahan baku dan sebaginya
       
  3. Perspektif pelanggan
    Dalam Customer Perspectif ini kita akan melihat dari perspektif pelanggan perusahaan. Kita akan mengukur kepuasan pelanggan dalam menggunakan produk dan layanan kita. Pelanggan yang puas dengan produk dan layanan kita kemungkinan besar akan terus membeli dan menggunakan produk dan layanan kita, sebaliknya pelanggan yang tidak puas dengan produk dan layanan kita akan pindah ke pesaing dan tentu membahayakan bagi kelangsungan perusahaan kita
      
  4. Perspektif keuangan
    Dalam Financial Perspectif ini kita akan melihat dari sisi kesehatan kauangan. Perusahaan perlu membuat strategi perusahaan yang memperhatikan apsek keuntungan atau margin bagi perusahaan. Jika perusahaan memiliki keuntungan secara keuangan maka akan dapat terus hidup dan bertumbuh, sebaliknya yang terus rugi lama kelamaan akan ditutup. 

Masing-masing dari perspektif di atas kemudian digunakan untuk menterjemahkan strategi bisnis ke dalam organisasi, obyektif dari manajemen dan obyektif dari karyawan. Dengan demikian kinerja karyawan atau performance karyawan berhubungan langsung dengan strategi perusahaan. 

Sedangkan KPI atau Key Performance Indikator merupakan alat untuk memantau sampai di mana kemajuan implementasi strategi perusahaan. KPI akan melihat perbedaan antara realisasi dengan harapan, KPI akan memantau efektifitas implementasi strategi perusahaan. KPI juga akan memantau seberapa efisien biaya yang dikeluarkan dalam menjalankan strategi perusahaan.

Untuk melihat contoh-contoh KPI dapat dilihat di http://kpilibrary.com .

Informasi lebih lanjut mengenai Balance Scorecard dan KPI dapat dibaca di

1. http://balancedscorecard.org/Resources/About-the-Balanced-Scorecard
2. http://balancedscorecard.org/Resources/Performance-Measures-KPIs .
3. https://en.wikipedia.org/wiki/Performance_indicator
4. http://www.bscdesigner.com/list-of-sample-kpis-in-5-perspectives-of-bsc.htm .
5. http://www.bscdesigner.com/customer-service-scorecard.htm .
6. http://www.performancemagazine.org/erp-systems-balanced-scorecard-kpis/ .
7. http://ilmukpi.com/ .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Other Human Resource Management Articles:
Penentuan KPI yang baik
Result Indicator dan Performance Indicator
Pengertian CSF (Critical Success Factor)
Pendelegasian dan pemantauan KPI
Pengertian KPI (Key Performance Indicator)
Pengertian Balance Scorecard dan KPI
Pengukuran performance berdasarkan hasil
Pendekatan tingkah laku dalam pengukuran kinerja
Pendekatan pengukuran performance
Kriteria pengukuran performance
Tujuan performance management