Pengertian cascading KPI (Key Performance Indicator )adalah membagi KPI-KPI ke bawahnya. KPI organisasi dipecah dan dibagi kepada departemen-departemen, KPI departemen dibagi ke dalam karyawan-karyawan.

Beberapa kemungkinan melakukan cascading KPI adalah

  1. Identik
    Cascading yang identik berarti KPI dibagi ke bagian bawahnya dengan membagi angka-angkanya dengan membagi angka-angkanya. Misalnya target pendapatan perusahaan 10 Milyar maka bisa dibebankan ke Cabang A sebesar 5 M, Cabang B sebesar 3 M dan cabang C sebesar 2 M. Di sini target masing-masing cabang kalau dijumlahkan akan menghasilkan target dari organisasi.
     
  2. Kontribusi
    Pada kontribusi ini contohnya adalah KPI target laba 1 M. Untuk menghasilkan laba 1 M maka KPI departemen penjualan harus menjual 5 M, Pada departemen produksi KPI target bahan biaya baku 2 M,  Bagian marketing KPI untuk biaya marketing 1M dan KPI target biaya operasional 1 M.
    Di sini KPI untuk target perusahaan di bagi ke departemen-departemen dengan rumus yang tertentu.
      
  3. Sama-sama
    KPI yang bersifat shared ini misalnya perusahaan membuat KPI target training kedisipilinan adalah 5 hari. Departemen penjualan akan mendapatkan KPI untuk training kedisiplinan 5 hari.
    Di sini target KPI perusahaan diterapkan dengan ukuran yang sama pada setiap departemen.
  4. Dukungan
    Dalam cascading dukungan ini misal target penjualan 5 M.
    Maka untuk bagian produksi KPI volume produksi misalnya 1000 per hari.
    Di sini terjadi perbedaan ukuran antara KPI untuk target perusahaan dan KPI untuk target departemen.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

« | »