Kita memahami O*NET sebagai kependekan dari The Occupational Information Network. Dari kependekan tersebut kita juga dapat memahami O*NET sebagai database dari persyaratan suatu pekerjaan dan juga atribut-atribut yang harus dimiliki pekerja. Database O*NET dapat digunakan oleh organisasi bisnis atau perusahaan, organisasi pendidikan, pencari kerja, profesional yang bergerak dibidang SDM (Sumber Daya Manusia) dan pihak-pihak lain yang membutuhkan.

Dengan adanya database pekerjaan yang dikembangkan O*NET maka HRM(Human Resources Management) lebih dibantu melakukan analisa pekerjaan atau analisa jabatan. Informasi yang disediakan O*NET diharapkan membantu pembentukan model  dari industri yang memiliki kompetensi.

Sistem O*NET ini akan

  1. Mendorong efisiensi bisnis dan pengembangan talenta
  2. Mendukung pendidikan untuk angkatan kerja melalui pelatihan ketrampilan dan juga kurikulum yang mendukung
  3. Memfasilitasi pengembangan karir

O*NET menggunakan bahasa dan terminologi yang sama dalam menjelaskan pekerjaan berikut persyaratan dan atribut-atribut yang harus dimiliki pekerja. O*NET ini menggantikan database lama yaitu Dictionary of Occupational Titles atau disingkat DOT. Database O*NET akan terus dikembangkan sesuai dengan perkembangan pekerjaan yang juga semakin berkembang.

Informasi lebih lanjut mengenai O*NET silahkan mengunjungi:
1. https://www.doleta.gov/programs/onet/eta_default.cfm .
2. http://www.onetcenter.org/developers.html .
3. http://www.onetonline.org/ .
4. http://www.onetcenter.org/tools.html .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Database pekerjaan O*NET
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday