Dari artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai analisa kebutuhan pekerja, analisa pasokan pekerja, pembuatan gol dan pemilihan strategi. Salah satu kasus dalam pembuatan gol adalah pengurangan pekerja dan strateginya adalah downsizing. Berbicara mengenai downsizing berarti penurunan ukuran dan  kita memahami downsizing sebagai penurunan jumlah karyawan dalam suatu perusahaan.

Tujuan downsizing adalah meningkatkan efektifitas dan meningkatkan efisiensi kinerja perusahaan. Meningkatkan efektifitas berarti strategi perusahaan dapat dijalankan dengan lebih baik, cepat dan akurat. Efisien berarti menjalankan strategi perusahaan dengan biaya yang lebih kecil.

Alasan perusahaan melakukan downsizing ada tiga yaitu

  1. Mengurangi biaya tenaga kerja
    Dalam industri yang membutuhkan banyak karyawan maka komponen gaji merupakan komponen biaya yang cukup besar di dalam perusahaan menjalankan usahanya. Dengan semakin tinggi persaingan, perusahaan harua mengurangi pengeluaran supaya tetap dapat hidup, dan pilihan terakhir dalam memangkas biaya adalah pengurangan karyawan. Dengan pengurangan karyawan ini diharapkan perusahaan mampu berhemat pengeluaran dan dapat tetap hidup. Tentu pilihan ini haruslah pilihan terakhir karena akan menyebabkan dampak yang sangat besar.
      
  2. Penggunaan teknologi
    Kalau sebelumnya perusahaan tradisional menggunakan tenaga kerja sebagai andalan dalam menghasilkan produk, maka kehadiran teknologi yang terus berkembang dapat menggantikan pekerja dengan proses otomatisasi pembuatan barang. Kehadiran teknologi ini akan menyebabkan pekerja tidak ada pekerjaan dan kemudian pekerja diputus hubungan kerjanya. Tentunya proses pengalihan dari tenaga kerja ke mesin-mesin berteknologi tinggi harus hati-hati supaya tidak menyebabkan dampak sosial. Jika memungkinkan alihkan pekerja untuk pekerjaan lain, sementara teknologi menggantikan mereka. Dan cara yang paling baik adalah membiarkan pekerja yang lama ini keluar dan tentu saja pekerjaan rekruitmen harus dikurangi sesuai dengan situasi setelah hadirnya teknologi ini.
      
  3. Pemindahan lokasi
    Karena alasan upah buruh yang lebih rendah, perusahaan memindahkan lokasi pabriknya dari satu tempat ke tempat lain bahkan dari satu negara ke negara lain. Pemindahan ini tentu akan menyebabkan pengurangan karyawan pada lokasi asal. Perkembangan selanjutnya upah buruh di lokasi tujuan naik kemudian pabrik pindah ke tempat lain, tempat lain tersebut kemudian upah buruhnya naik demikian dan seterusnya. Perusahaan kemudian berpikir bahwa lokasi pabrik sudah terlalu jauh, penghematan tenaga kerja juga sedikit, tetapi biaya transportasi naik dan pengiriman menjadi lama. Beberapa kasus perusahaan memindahkan lokasi pabrik ke negara asalnya karena penghematan biaya sudah tidak relevan lagi dengan kecekatan perusahaan dalam menghadapi tuntutan persaingan.

Sedapat mungkin perusahaan harus memikirkan langkah-langkah lain selain pemutusan hubungan kerja. Langkah perusahaan dalam melakukan PHK massal akan menyebabkan reputasi perusahaan turun dan akibatnya pelanggan bisa lari. Langkah PHK massal juga menurunkan motivasi karyawan baik yang dikeluarkan maupun yang masih dipertahankan di perusahaan. Karyawan yang dikeluarkan tentu sangat terpukul, sedangkan karyawan yang masih dipertahankan tentu khawatir mengenai masa depannya. Perusahaan perlu memikirkan langkah-langkah lain supaya tidak terjadi PHP massal.

Pemutusan Hubungan Kerja harus juga dipertimbangkan agar tidak menurunkan kualitas layanan. Jangan sampai pelanggan tidak dilayani dengan baik karena perusahaan kekurangan SDM untuk melayaninya. Jika sampai pelanggan tidak dilayani dengan baik, maka pelanggan bisa pindak ke pesaing dan penurunan penjualan bisa melebihi penghematan biaya pekerja, dan jika ini terjadi malah akan lebih memperburuk keadaan.

Manajemen harus juga menyampaikan informasi PHK masal ini secara manusiawi dengan pendekatan yang baik. Lebih baik kalau karyawan dikumpulkan kemudian dijelaskan dengan baik. Jangan sampai informasi ini disampaikan hanya dengan email yang nanti malah berkembang menjadi rumor yang tidak baik.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pengurangan karyawan dengan downsizing
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday