Dalam rangka mendapatkan sumber daya manusia berkualitas untuk dipekerjakan pada perusahaannya, perusahaan dapat memilih berbagai sumber rekrutmen. Sumber rekrutmen dapat berasal dari universitas lokal dan dapat juga berasal dari universitas terkenal. Perusahaan juga dapat membuat iklan di media cetak atau perusahaan dapat memasang iklan di situs portal lowongan kerja.

Untuk mengevaluasi berbagai sumber rekrutmen ini kita harus melihat efektif dan efisiennya. Pengertian efektif dalam rekrutmen ini adalah di mana sumber rekrutmen berhasil didapatkan karyawan-karyawan yang berkualitas sesuai kriteria yang telah diberikan . Efisien di sini berarti biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan seorang karyawan.

Mengerjakan rekrutmen pada universitas lokal mungkin akan mendapatkan banyak kandidat. Dari banyak kandidat ini mungkin kita akan menyaring mahasiswa-mahasiswa yang akan kita wawancarai. Dari hasil saringan ini, perusahaan kemudian mengundang wawancara mahasiswa-mahasiswa yang masuk dalam saringan ini. Kemungkinan sebagian besar mahasiswa ini menerima tawaran wawancara ini dan datang untuk mengikuti wawancara. Dari wawancara ini kemudian ada proses berikutnya hingga kandidat-kandidat yang sesuai dengan kriteria akan diterima.

Jika kita menjalankan rekrutmen pada universitas-universitas terkenal maka kita akan mendapatkan  banyak kandidat berkualitas. Tetapi saat kita mengundang mereka untuk datang wawancara mungkin yang mau datang tidak sebanyak jika kita merekrut dari universitas lokal, karena kandidat yang berkualitas tentu memiliki banyak pilihan mau bekerja pada perusahaan mana. Di sini kita akan mendapatkan lebih sedikit kandidat yang datang interview. Dari hasil interview dan proses-proses rekrutmen selanjutnya kemungkinan besar kita akan mendapatkan karyawan sesuai kriteria yang telah kita berikan.

Jika kita memasang iklan pada media cetak, kemungkinan kita akan mendapatkan banyak sekali lamaran tetapi sedikit yang berkualitas. Jika lamaran diberikan  dalam bentuk fisik, kita akan mengeluarkan banyak tenaga untuk membuka dan menyeleksi lamaran satu per satu.

Dalam era internet kita mungkin menaruh informasi lowongan kerja pada portal lowongan kerja. Dalam situs portal lowongan kerja biasanya disediakan tool-tool yang memudahkan kita memisahkan pelamar yang sesuai kriteria perusahaan dan mana yang tidak memenuhi kriteria perusahaan. Ada juga tool-tool yang dilengkapi dengan undangan wawancara dan seterusnya. Situs portal lowongan kerja ini memang media yang sangat baik mempertemukan pencari kerja dan penyedia lowongan.

Tentu saja setiap perusahaan mempunyai pengalaman dalam menggunakan sumber-sumber rekrutmen. Ada sumber rekrutmen yang efektif dan efisien dalam mendapatkan karyawan, ada juga sumber yang efektif mendapatkan karyawan tetapi biayanya mahal, ada yang tidak efektif tetapi biayanya murah, tetapi ada juga yang tidak efektif dan berbiaya mahal. Departemen harus dapat menganalisa mana sumber yang berbaik dalam melakukan rekrutmen.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Melakukan evaluasi sumber rekrutmen
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday