Dalam strategic management process atau proses manajemen strategi kita harus membuat rencana, menjalankan rencana, mengevaluasi rencana, membuat rencana yang diperbaharui dan seterusnya sehingga strategi manajemen terus berkembang dan dapat mengantisipasi perkembangan internal dan eksternal perusahaan.

Strategic management process terdiri dua hal yang berkaitan satu dengan yang lain yaitu

  1. Formulasi strategi
    Dalam strategy formulation atau formulasi strategi:
    a. perusahaan menentukan misi dan goal perusahaan
    b. perusahaan menganalisa peluang dan ancaman
    c. perusahaan menganalisa kekuatan dan kelemahan
    Dari pertimbangan ketiga hal di atas, perusahaan kemudian menentukan strategi-strategi perusahaan yang sesuai.

    Pemilihan strategi perusahaan berkaitan dengan persaingan akan manjawab 3 hal penting  berikut ini:
    a. Di mana kita akan bersaing: pada produk dan pasar mana kita akan bersaing.
    b. Bagaimana kita bersaing: kita akan bersaing pada kualitas, harga, realibilitas, layanan pelanggan, kecepatan atau hal lainnya.
    c.  Dengan apa kita bersaing: sumber daya apa yang akan digunakan untuk memenangkan persaingan, apakah kita perlu melakukan akuisisi sumber daya, mengembangkan sumber daya perusahaan untuk memenangkan persaingan.
    Ketiga hal strategi perusahaan berkaitan dengan persaingan harus dibuat dengan pemahaman yang kuat dan detail, kegagalan memahami secara detail akan mengakibatkan kegagalan implementasi strategi.
      

  2. Implementasi strategi
    Pada  strategy implementation atau implementasi strategi ini, perusahaan kemudian melakukan langkah-langkah penerapan strategi dari formulasi strategi yang telah ditetapkan oleh top management.
    Perusahaan kemudian menerapkan strategi ini dengan menerapkan struktur organisasi yang mendukung strategy formulation, mengalokasikan aset perusahaan dalam penerapan strategi, memastikan bahwa perusahaan memiliki karyawan-karyawan yang memiliki kemampuan menjalankan strategi perusahaan, menjalankan reward system untuk memotivasi karyawan bekerja dengan produktif.

Di sini divisi HRD (Human Resorces  Department) atau departemen SDM (Sumber Daya Manusia) memegang peranan penting dalam menerapkan formulasi strategi. Departemen SDM harus merencanakan, merekrut dan mengembangkan sumber daya manusia supaya karyawn-karyawan yang direkrut dapat bekerja sama dengan efektif menjalankan strategi perusahaan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Formulasi dan implementasi strategi
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday