Setelah kita menganalisa output perusahaan, menganalisa proses kerja dan menganalisa input perusahaan maka kita akan menyusun organisasi perusahaan untuk menjalankan strategi perusahaan.
Struktur organisasi perusahaan ada dua macam yaitu:

  1. Functional structure
    Functional structure ini merupakan struktur berdasarkan fungsi. Berkaitan dengan fungsi perusahaan ini kita mengenai departemen produksi, departemen pemasaran, departemen keuangan, departemen akuntansi, departemen sumber daya manusia, departemen layanan pelanggan dan lain sebagainya.
      
  2. Divisional structure
    Divisional structure ini merupakan struktur organisasi yang dipecah berdasarkan divisi-divisi.
    Secara  umum dalam divisional structure ini, organisasi perusahaan dapat dipecah berdasarkan
    a. produk perusahaan 
    b. lokasi geografi

Dalam struktur berdasarkan fungsi atau functional structure, manajemen lebih memiliki kendali dalam menjalankan perusahaan. Perusahaan juga memiliki staf-staf yang memiliki keahlian tinggi karena pekerjaan setiap staf adalah khusus sesuai bidangnya masing-masing. Karena pengendalian yang demikian ketat maka perusahaan memiliki peluang untuk menekan biaya perusahaan lebih baik dibandingkan dengan divisional structure. Tetapi di sisi lain karyawan kurang mengetahui organisasi perusahaan secara keseluruhan karena masing-masing sangat terkonsentrasi kepada keahlian masing-masing.

Dalan divisional structure atau struktur divisi, tiap divisi memiliki team pemasaran sendiri, team riset sendiri, team penagihan sendiri dan juga team produksi sendiri. Setiap divisi mempunyai lebih banyak kebebasan dalam menjalankan strategi perusahaan, sehingga pengambilan keputusan lebih cepat dilaksanakan pada struktur divisi ini dibandingkan dengan functional structure. Pada divisional structure ini setiap karyawan memiliki peluang memahami gambaran organisasi secara keseluruhan.

Meskipun demikan, pada struktur divisi mempunyai peluang penggelembungan biaya karena  banyak sekali staf yang berada dalam organisasi perusahaan tersebut. Masalah lain adalah kurang terkendalinya pembiayaan yang memang dipercayakan kepada setiap divisi yang diberi kepercayaan mengendalikan keuangannya.

Kita tidak dapat menarik kesimpulan mana yang lebih baik antara functional structure dan divisional structure. Pemilihan struktur organisasi yang tepat tergantung situasi yang dihadapi masing-masing perusahaan. Ada perusahaan yang lebih cocok menerapkan functional structure, ada perusahaan yang memilih divisional structure, dan ada juga yang menerapkan gabungan antara functional structure dan divisional structure.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Struktur fungsi dan struktur divisi
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday