Jika pada metode presentasi dalam pelatihan maka peserta training cenderung pasif, maka pada hands-on method training ini maka peserta pelatihan akan lebih aktif karena peserta pelatihan harus mencoba sampai level yang telah ditentukan dalam hands-on method training ini.

Hands on method training ini cocok untuk pengembangan keahlian baru, penguasaan bagaimana mengerjakan dan menyelesaikan suatu tugas dengan baik, penggunaan teknologi yang baru maupun pemahaman aspek kerjasama team berkaitan dengan tugas yang akan dilakukan.

Pada hands on method training ini kita mengenal OJT (On the Job Training) , simulasi, role play, melihat contoh teladan maupun belajar secara e-learning.

Dalam OJT ini karyawan baru atau karyawan yang belum berpengalaman dalam suatu tugas tertentu akan mendapatkan training mengenai suatu tugas yang diberikan. Peserta training akan mempelajari tugas yang dikerjakan oleh manajernya atau tugas staf lain yang akan ia kerjakan. Dalam pelatihan ini, peserta training kemudian mencoba tugas tersebut hingga mahir.

Magang dan kerja praktek juga termasuk OJT (On the Job Training).

Magang dalam bahasa Inggrisnya disebut Apprenticeship. Pada magang ini perusahaan membuka pelatihan kerja yang memberikan gaji selama peserta mengikuti pelatihan kerja. Di sini perusahaan mendapatkan tenaga kerja, dan peserta mendapatkan ketrampilan dan pendapatan. Perusahaan dapat mengangkat beberapa peserta pelatihan menjadi karyawan tetap.

Kerja praktek dalam bahasa Inggrisnya disebut internship. Pada kerja praktek ini peserta pelatihan adalah dari lingkungan pendidikan. Peserta pelatihan akan bekerja pada perusahaan dalam rangka menjalankan suatu tugas studi.

Pada magang dan kerja praktek ini perusahaan memiliki keuntungan dalam manajemen sumber daya manusia yang fleksibel. Pada saat magang atau kerja praktek berakhir perusahaan tidak memiliki kewajiban merekrut peserta pelatihan. Perusahaan di sisi lain dapat merekrut peserta training yang dianggap berkualitas bagi produktivitas perusahaan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Hands on method pada pelatihan
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday