Dalam formulasi strategi kita telah sampai pada titik pemilihan strategi. Tentu saja pemilihan strategi ini harus dilanjutkan pada tingkat pelaksanaan hari demi hari dalam operasional perusahaan. Berkaitan dengan HRM (Human Resources Management), strategi perusahaan harus dilaksanakan pada SDM (Sumber daya Manusia).

Untuk dapat menjalankan strategi perusahaan dengan baik, tugas-tugas tertentu harus dikerjakan supaya gol-gol perusahaan tercapai. Dalam mengerjakan tugas-tugas ini tentu perlu sumber daya manusia yang mempunyai kemampuan dan motivasi untuk menjalankan tugas-tugas ini dengan efektif dan efisien.

Lima variabel yang menentukan keberhasilan dalam implementasi strategi perusahaan adalah

  1. Perancangan Tugas (Task Design)
    Supaya implementasi strategi berhasil, tugas-tugas harus dikelompokkan ke dalam beberapa atau banyak job description dengan efektif dan efisien. Dalam perancangan tugas-tugas ini memerlukan job analysis dan job design.
     
  2. Struktur Organisasi
    Pastikan dalam struktur organisasi berisi staf-staf yang mempunyai Knowledge, Skill dan Ability untuk mengimplementasikan strategi secara efektif dan efisien.
      
  3. Penyeleksian, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia
    Dalam mendapatkan staf sesuai task design, departement SDM akan melakukan rekruitment, seleksi, pelatihan, penempatan, pengembangan kualitas SDM dan pengembangan karir yang merupakan bagian dari pengembangan sumber daya manusia supaya dapat mengimplementasikan strategi perusahaan dengan efektif dan efisien.
      
  4. Sistem penghargaan
    HRM kemudian membuat performance management dan reward system untuk memotivasi setiap staff bekerja dengan  produktif dalam menjalankan strategi perusahaan.
  5. Sistem informasi
    Perusahaan perlu mengembangkan sistem informasi untuk bisa memantau pelaksanaan strategi perusahaan, mengevaluasi strategi perusahaan dan mengambil langkah strategis selanjutnya.

Dengan kata lain, role atau peran utama dari fungsi HRM (Human Resources Management)  adalah

  1. Memastikan perusahaan memiliki sejumlah staf dengan level keahlian yang cukup baik untuk menjalankan strategi perusahaan
  2. Mengembangkan sistem pengendalian yang memastikan setiap staf memiliki motivasi kuat untuk bekerja sesuai dengan gol perusahaan

Dari segi esensi penetapan strategi yang ditetapkan oleh top manajemen, kemudian diimplementasikan dalam fungsi HRM merupakan vertical allignment atau penyelerasan vertikal.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Implementasi strategi SDM
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday