Kecerdasan emosi memiliki peranan dalam bekerja sama dengan rekan kerja, bekerja sama dengan pelanggan, bekerja sama dengan penyedia dan juga bekerja sama dengan atasan maupun bawahan kita. Kecerdasan emosi semakin memiliki arti sangat penting untuk pekerjaan yang mengutaman kerja team dan juga pekerjaan yang bersifat jasa. Peranan emotional intelligence atau kecerdasan emosional ini dapat mencairkan suasana  dan berperan dalam hubungan antar personal.

Aspek-aspek dalam kecerdasan emosi adalah

  1. Self Awareness
    Kita memahami self-awareness ini sebagai kesadaran diri mengenai kelebihan dan kekurangan dirinya sendiri. Orang yang mengenal kelebihan diri dan kekurangan diri dengan lebih baik akan lebih mudah menyesuaikan dirinya dengan orang lain. Kelebihan orang yang mengenal kelebihan diri dan kekurangan diri dengan benar adalah dia dapat memaksimalkan potensi dirinya sesuai dengan talenta yang sudah ditaruh Penciptanya.
     
  2. Self Regulation
    Seperti isitilahnya kita dapat memahami self regulation adalah orang yang dapat mengatur dirinya sendiri. Ini juga terkait dengan pengenalan diri yang baik dan juga motivasi diri yang baik juga. Dengan dapat mengatur dirinya sendiri, maka dia tidak perlu bergantung kepada orang lain mengenai apa-apa saja yang harus dikerjakan dan juga kapan melakukan pekerjaan tersebut.
     
  3. Self Motivation
    Orang dengan self-motivation memiliki motivasi internal dalam diri. Orang yang memiliki motivasi internal yang baik akan melakukan pekerjaan dengan baik sesuai dengan motivasi yang sudah dia miliki. Orang bermotivasi diri ini tidak perlu dikejar-kejar atasannya untuk melakukan pekerjaan. Orang yang memiliki motivasi tinggi ini pasti mengenal diri dan bisa mengatur dirinya sendiri
     
  4. Empathy
    Empathy adalah kemampuan memikirkan dan merasakan apa yang dialami orang lain. Kemampuan empathy ini sangat diperlukan pada saat rekan lain ada masalah yang membutuhkan dukungan kita dalam menjalani dan berusaha keluar dari masalahnya.
  5. Social Skills
    Kemampuan bersosialisasi merupakan bagian dari kecerdasan emosi. Orang yang memiliki kecerdasan emosi yang tinggi mudah menyesuaikan orang lain dan tentu ramah dalam berelasi dengan orang lain, punya kemampuan mendengarkan yang baik dan mudah membuat pembicaraan-pembicaraan ringan dengan orang lain.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Kecerdasan emosi dalam bekerja
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday