Setelah kita membicarakan kelebihan memperkerjakan karyawan sementara, tentu kekurangan yang merupakan dampak mempekerjakan pekerja sementara. Berikut ini kita akan dibicarakan efek samping mepekerjakan pekerja sementara.

Berbicara mengenai komitment melayani pelanggan, pekerja tetap lebih memiliki rasa bahwa pelanggan adalah benar-benar pelanggan yang harus dilayani dibandingkan dengan pegawai sementara. Di sini ada kemungkinan pegawai sementara kurang melayani pelanggan dengan baik. Tentu saja pihak manajemen harus memperhatikan hal ini dan menentukan langkah-langkah agar pegawai sementara dapat melayani pelanggan dengan baik.

Kekurangan lain adalah adanya jarak atau gap antara pekerja sementara dengan pekerja tetap. Mungkin saja pekerja sementara iri terhadap pekerja tetap karena pekerja tetap dipandang memiliki pekerjaan yang lebih pasti dan stabil. Jika memang benar terjadi iri hati antara pekerja sementara , manajemen perusahaan perlu memperhatikan hal ini dan juga mengambil langkah-langkah untuk menanganinya. Jika bekerja sama dengan perusahaan outsource, perusahaan dapat berkoordinasi dengan perusahaan outsource di mana perusahaan mengambil tenaga kerja dari perusahaan outsourcing.

Kalau pada penjelasan di atas ada jarak antara pekerja sementara dengan pekerja tetap, hal sebaliknya bisa terjadi. Pekerja tetap mungkin merasa bahwa pekerja sementara mengancam posisi pekerjaan dia. Mungkin saja pekerjaan yang dilakukan pekerja sementara tersebut mirip dengan pekejaan pekerja tetap yang sudah bertahun-tahun bekerja di situ. Kehadiran pekerja sementara mungkin dianggap akan mengurangi atau menggantikan posisi pekerjaan pekerja tetap tersebut. Di sini manajemen perlu menjelaskan sebelumnya kepada pegawai tetapnya mengenai tujuan perekrutan tenaga sementara sehingga terjadi pengertian yang baik pada pekerja tetap dan menghindarkan kesalahpahaman.

Sebelum mempekerjakan pekerja sementara, departemen HRD (Human Resource Department) harus mempertimbangkan dampak-dampak perekrutan pekerja sementara  dan tentu menentukan langkah-langkah mengatasi efek samping dari dampak-dampak di atas. Departemen HRD harus dapat membangun pengertian yang baik untuk pekerja tetap dan pekerja sementara. Departemen juga harus membuat suasana kerja yang baik untuk terjadinya kerjasama yang membangun antara pekerja tetap dan pekerja sementara.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Kelemahan temporary worker
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday