Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai mempekerjakan karyawan sementara untuk menyeimbangkan situasi saat kelebihan dan kekurangan tenaga kerja. Salah satu cara mengatasi kelebihan dan kekurangan karyawan adalah dengan cara perusahaan menggunakan tenaga kerja yang dioutsource dari perusahaan lain. Denga cara ini maka perusahaan dapat secara fleksible menyesuaikan tenaga kerjanya sesuai kebutuhan perusahaan.

Selain itu ada juga keuntungan-keuntungan dalam menggunakan tenaga outsourcing yang kita dapatkan dari perusahaan outsourcing

  1. Perusahaan tidak perlu memberikan training lagi karena perusahaan outsourcing sudah memberikan training dan kemudian memberikan karyawan sesuai dengan keahlian yang kita minta.  Perusahaan outsourcing tentu sudah melakukan seleksi rekruitmen dan training dalam mendapatkan karyawan yang akan diutsource ke perusahaan lain.
       
  2. Karyawan dari luar perusahaan kemungkinan memberikan penilaian objectif mengenai perusahaan terutama terkait dengan bidangnya. Dalam perusahaan mungkin terdapat masalah internal yang akan menghalangi penilaian objectif tentang suatu masalah. Karyawan yang tidak terlibat masalah internal dapat memberikan penilaian lebih obyektif.
     
  3. Dengan berbagai keahlian dalam bekerja di banyak perusahaan, karyawan dari luar ini memiliki banyak pengalaman untuk bekerja dengan lebih baik di perusahaan tersebut. Dengan pengalaman yang banyak dari perusahaan lain ini, karyawan dari luar ini harusnya sangat menguasai mengenai pekerjaan dalam perusahaan tersebut.
      
  4. Perusahaan tidak perlu membuat banyak catatan administratif mengenai karyawan tersebut karena karyawan tersebut bukan karyawan tetap. Kita tahu dalam HRM (Human Resources Management) yang baik, perusahaan harus membuat catatan karyawan atau employee record.
      
  5. Perusahaan dapat mengangkat karyawan outsource yang baik untuk dijadikan karyawan tetap.
    Perusahaan dapat menilai kinerja setiap karyawan yang diambil dari perusahaan outsource. Jika karyawan ini dinilai mempunyai kinerja yang sangat disukai perusahaan, perusahaan tersebut dapat membeli karyawan tersebut dari perusahaan outsourcing. Perusahaan outsourcing biasanya mempunyai aturan mengenai penggunaan karyawan sementara menjadi karyawan tetap.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Keuntungan menggunakan karyawan outsourcing
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday