Dalam menyusun formulasi strategi kita akan menggunakan komponen-komponen dalam menyusun formulasi strategi. Ada lima komponen penting dalam formulasi strategi atau strategic formulation.

Lima komponen dalam formulasi strategi adalah

  1. Misi
    Organisasi yang sehat mengetahui dengan jelas alasan mengapa organisasi tersebut hadir. Bisnispun juga termasuk dalam organisasi. Bisnis merupakan organisasi bisnis.
    Dalam menjalankan bisnisnya, perusahaan harus dapat menjelaskan dengan pasti alasan perusahaan tersebut berdiri. Alasan perusahaan berdiri tersebut merupakan mission statement dari perusahaan tersebut. Perusahaan tidak boleh membuat mission statement yang tidak jelas misalnya alasan perusahaan hidup adalah mencari uang.
    Contoh Misi perusahaan yang jelas adalah:
    Mengembangkan aplikasi terintegrasi HR, CRM, Finance dan Logistik dengan akurasi tinggi dengan harga yang dapat dijangkau oleh UKM.
     
  2. Gol
    Gol adalah suatu tujuan pencapaian bagaimana misi tersebut dapat dilaksanakan.
    Misal
    – Tahun 2016 menyempurnakan modul HRD, modul akuntansi dan  modul pembelian
    – Tahun 2017 menjual modul HRD, modul akuntansi, modul pembelian dan menyempurnakan modul penjualan dan CRM
    – Tahun 2018 penjualan semua modul dan penyempurnaan program secara keseluruhan
    – Tahun 2019 masuk ke produksi massal
  3. Analisa eksternal
    Pada analisa eksternal ini kita akan menganalisa keadaan lingkungan luar terkait bisnis kita. Dalam analisa eksternal ini kita akan menganalisa produk kompetitor, analisa pasar yang tidak dapat dilayani oleh pesaing kita, teknologi yang akan berkembang, dan juga pasokan sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan kita.
    Untuk produk aplikasi yang terintegrasi ini kita melihat bahwa harga yang ditawarkan pesaing sangat tinggi minimal lima ratusan juga termasuk implementasi untuk produk dengan merek ternama.
      
  4. Analisa internal
    Analisa internal merupakan analisa kekuatan keuangan, aset, dan sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan. Untuk pembuatan aplikasi terintegrasi misalnya harus mengetahui proses bisnis dan ini harus memperlajari mata kuliah Magister Management. Terkait programming, perusahaan juga harus memiliki programmer handal yang dapat menterjemahkan proses bisnis ke dalam bahasa pemrograman. Dalam tingkat implementasi, perusahaan juga harus memiliki staf sebagai konsultan bisnis untuk client yang mengimplementasikan aplikasinya.
      
  5. Pemilihan strategi
    Analisa eksternal dan analisa internal kemudian digabungkan dan menghasilkan analisa SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Dari analisa SWOT ini kemudian menghasilkan strategi-strategi alternatif. Dengan pertimbangan yang seksama,  antara alternatif-alternatif strategi ini kemudian dipilihlah satu atau beberapa strategi yang akan dijalankan perusahaan 

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Komponen formulasi strategi
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday