Pada saat melakukan analisa tugas pekerjaan pasti kita sudah membuat analisa bagaimana supaya tugas pekerjaan tersebut dapat berjalan efektif dengan performance yang baik. Jika kita sudah membuat analisa mengenai performance yang baik, maka kita perlu mengembangkan cara bagaimana mengukur performance tersebut. Secara umum kriteria pengukuran kinerja adalah sesuai strategi perusahaan, validitas, handal, dapat diterima dan jelas.

Kriteria pengukuran performance atau kriteria pengukuran kinerja adalah

  1. Sesuai strategi perusahaan
    Perusahaan perlu merancang agar kriteria dalam performance manajemen adalah sesuai strategi perusahaan, gol perusahaan dan budaya perusahaan.

    Jika strategi perusahaan adalah membuat produk yang berkualitas, maka kriteria dalam pengukuran kinerja adalah mengenai keakuratan dan kualitas pekerjaan.
    Jika strategi perusahaan adalah membuat produk yang murah, maka ada kriteria penghematan dalam pengukuran kinerja baik dalam hal penghematan biaya, penghematan bahan baku maupun penghematan waktu tanpa mengorbankan kualitas yang telah ditetapkan.
    Jika strategi perusahaan adalah pelayanan pelanggan, maka kriteria kepuasan pelanggan manjadi bagian dalam kriteria pengukuran kinerja.

    Perusahaan dapat melakukan analisa Critical Sucess Factor (CSF) dan menungkannya dalam performance kriteria supaya seluruh karyawan bersatu padu menyukseskan strategi perusahaan
     

  2. Validitas
    Validitas ini berhubungan dengan relevansi. Jadi kriteria pengukuran kinerja harus memiliki relevansi dengan tugas pekerjaan. Validitas tidak bolek kekurangan (deficient) aspek  dan juga tidak boleh dicemari (contaminated) oleh kriteria yang tidak relevelan
     
  3. Handal
    Handal di sini berarti kriteria yang digunakan dalam pengukuran kinerja memiliki tingkat konsistensi yang baik.
    Untuk dapat melihat konsistensi maka jika diukur orang yang berbeda tetap menghasilkan penilaian yang sama. Begitu juga jika diukur pada waktu yang berbeda, hasil penilaian juga sama.
      
  4. Dapat diterima
    Kriteria pengukuran kinerja ini tentu saja harus diterima oleh atasan yang akan memberikan penilaian. Karyawan juga harus melihat bahwa kriteria pengukuran performance sudah dibuat sesuai prosedur perusahaan, fair, telah dikomunikasikan dan menerima umpan balik dari karyawan.
      
  5. Jelas atau spesifik
    Kriteria dalam pengukuran performance harus dapat membimbing karyawan mencapai performance. Penjelasan yang detil ini terutama berguna dalam sistem pengembangan kinerja.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Kriteria pengukuran performance
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday