Aspek penting dalam penerapan hasil pelatihan atau penerapan hasil pelatihan adalah kemampuan peserta training untuk melakukan manajemen diri dalam mengaplikasikan apa yang telah didapatkan dalam training. Di sini berarti ada pemikiran dan langkah secara proaktif agar peserta training memiliki knowledge, skill, ability dan behavior seperti di dalam training.

Peserta training dapat menganalisa mengenai langkah-langkah penerapan hasil training dalam lingkungan pekerjaan sehari-hari. Dia akan menganalisa apa saja yang yang dapat diterapkan, kemungkinan kemudahan penerapan, kemungkinan kesulitan saat penerapan dan bagaimana mengatasi, hal positif apa yang akan terjadi pada penerapan training, hal negatif apa yang akan terjadi jika dia tidak menerapkan hasil pembelajaran training, dan terakhir bagaimana memantau penerapan hasil training tersebut.

Di dalam training seharusnya ada proses pembelajaran sehingga peserta training lebih bisa memahami secara konsep apa yang telah didapatkan di dalam training. Dari pemahaman mengenai pentingnya apa yang telah didapatkan dalam training, peserta dapat mengambil langkah-langkah inisiatif dalam menerapkan knowledge, skill, ability dan behavior yang telah didapatkan di dalam training.

Perusahaan mungkin tidak memiliki lingkungan yang mendukung penerapan apa yang telah dipelajari dalam pelatihan. Di sini peserta training harus memiliki inisiatif memikirkan cara bagaimana menerapkan keahlian dan pengetahuan yang telah didapatkan dalam training.

Atasan dari peserta training mungkin tidak sempat memberikan feedback karena kesibukan atau karena lupa. Di sini peserta training bisa secara proaktif menanyakan kepada atasannya mengenai apa yang telah dikerjakan sebagai penerapan apa yang telah dipelajari dalam training.

Rekan sekerja mungkin tidak secara aktif memberikan umpan balik mengenai penerapan hasil training yang coba dilakukan peserta training. Mungkin juga rekan sekerja tidak mau memberikan feedback kecuali diminta oleh peserta training yang bersangkutan. Di sini peserta training perlu juga mencari feedback dari rekan sekerjanya.

Dalam menerima training, peserta training pasti mendapatkan bahan-bahan pembelajaran baik dalam tertulis, audio, video maupun link-link website di mana peserta training bisa mengingat kembali maupun memperdalam kembali mengenai knowledge, skill, ability dan behavior yang didapatkan dalam pelatihan atau dalam training. Di sini peserta training harus dapat belajar secara mandiri pada materi-materi seperti yang dianjurkan dalam training tersebut.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Kemampuan manajemen diri
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday