Pada artikel sebelumnya kita telah membahas dua macam strategi perusahaan di mana perusahaan dengan analisa yang matang dapat memilih cost leadership atau product differensiation. Dari pilihan strategi yang dipilih perusahaan ini maka karyawan harus memiliki kebiasaan-kebiasaan atau role behaviors yang sesuai dengan strategi perusahaan.

HRM (Human Resource Management) atau kita juga mengenal SDM (Sumber Daya Manusia) harus menanggapi dengan membentuk kebiasaan-kebiasaan atau role behaviors yang akan mendukung strategi perusahaan.

  1. Role behaviors untuk strategi cost leadership
    Role behaviors atau kebiasaan-kebiasaan yang diperlukan dari karyawan menanggapi strategi cost leadership adalah efisiensi. Semua karyawan diharapkan mempunyai kepekaan tinggi terhadap penghematan biaya.
    Perusahaan juga dapat memberikan insentif atau penghargaan untuk karyawan-karyawan yang menemukan cara untuk penghematan biaya tanpa mengurangi kualitas produk dan jasa.
    Kestabilan cara kerja merupakan role behavios yang diharapkan dalam strategi cost leadership ini. Pembuatan job description yang detail diperlukan dalam strategi cost leadership ini.
    Pengambilan resiko perlu dihindari untuk strategi cost leadership.
    Pada strategi cost leadership ini mempunyai fokus pada jangka pendek.
      
  2. Role behaviors untuk strategi product differentiation
    Kebiasaan-kebiasaan atau role behaviors yang diharapkan dari karyawan untuk strategi diferensiasi produk adalah inovasi. Karyawan diharapkan memikirkan inovasi baik dalam proses produksi maupun dalam fitur produk. Kreatifitas dan memikirkan hal-hal baru sangat diharapkan untuk menghasilkan produk yang berbeda dengan produk dari pesaing.
    Pengambilan resiko merupakan bagian dari strategi diferenssiasi produk.
    Kemampuan komunikasi antar personal dan antar departemen sangat diperlukan dalam menjalankan strategi diferensiasi produk. Strategi diferensiasi produk ini memiliki fokus jangka panjang.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

HRM menanggapi strategi
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday