Perusahaan yang mengutakaman kualitas sumber daya manusia akan mencari kandidat terbaik untuk bekerja di perusahaannya. Bagaimanakan menarik kandidat terbaik dan mendapatkan karyawan dengan produktivitas tinggi ?

Secara umum, perusahaan dapat menawarkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan perusahaan lain pada posisi dan industri yang sesuai. Tetapi kalau ini yang terjadi, maka antar perusahaan akan berlomba menaikkan tawaran gaji dan malah berakibat pengeluaran perusahaan terlalu besar untuk gaji dan tentu saja ini malah membahayakan perusahaan. Dengan demikian maka menarik perhatian kandidat terbaik dengan gaji tinggipun bukan merupakan solusi untuk mendapatkan karyawan produktif.

Karyawan yang berkualitas akan terus menajamkan keahlian dan pengetahuan berkaitan dengan pekerjaannya. Dengan demikian maka karyawan tersebut akan mencari lowongan yang sesuai dengan keahliannya. Di sini perusahaan perlu mengiklankan posisi-posisi yang jelas dengan keahlian yang diminta. Jika lowongan cukup spesifik, maka kemungkinan perusahaan akan mendapatkan kandidat yang spesifik juga. Di sini kita dapat menjaring kandidat dengan motivasi-motivasi intrinsik  yang nyata.

Perusahaan perlu memahami sudut pandang karyawan untuk dapat bekerja sama dengan karyawan. Karyawan memang mencari pekerjaan dengan gaji yang baik, tetapi karyawan juga akan membuat pertimbangan mengenai lokasi dan seberapa professional perusahaan yang akan dimasuki. Itu adalah hal yang dilihat pelamar saat memilih perusahaan.

Untuk karyawan yang sudah berpengalaman, dia akan membuat pertimbangan lain yaitu suasana kerja. Di sini karyawan akan mempertimbangkan suasana-suasana kerja yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan. Jika suasana kerja tersebut disenangi kandidat, maka kandidat kemungkinan akan memilih perusahaan dengan suasana kerja yang nyaman. Suasana kerja yang nyaman meliputi perjalanan sekitar lokasi, fasilitas sekitar lokasi dan juga suasana posisi duduk dan meja dia. 

Perusahaan juga dapat menarik kandidat dengan filosofi perusahaan. Organisasi-organisasi keagamaan dapat menarik kandidat yang tertarik dengan filosofi perusahaan. Bahkan organisasi-organisasi pelayanan menarik kandidat dengan visi-misi yang dicanangkan oleh pendirinya. Kandidat yang memiliki worldview yang sama dengan worldview pendirinya akan berjuang untuk bersama-sama bekerja dalam organisasi tersebut.

Secara umum juga, perusahaan dengan reputasi terbaik dapat menarik perhatian kandidat terbaik. Dengan demikian langkah awal untuk mendapatkan karyawan terbaik adalah membangun reputasi sebagai perusahaan terbaik. Implikasinya juga untuk mendapatkan karyawan terbaik, juga harus menjadi pemimpin terbaik. Dengan demikian jadikanlah diri kita terbaik dalam segala hal.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Menarik perhatian kandidat
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday