Moodle merupakan aplikasi berbasis web yang memberikan layanan pembelajaran online. Pada Moodle ini ada pengguna sebagai guru, pengguna sebagai murid dan tentu saja ada materi pelajaran yang diajarkan.

Pada Moodle, kita mengenal course. Pada course ini guru akan menambahkan resources dan acitivities untuk diselesaikan murid-muridnya. Course ini dapat berupa halaman yang dapat didownload, atau proses interaktif yang cukup rumit.
Murid dapat didaftarkan oleh guru itu sendiri, didaftarkan oleh administrator, atau murid dapat juga mendaftar sendiri.

Dalam online Learning Management system ini, siswa dapat berinteraksi menggunakan Moodle dan guru dapat memantau perkembangan pembelajaran dari murid-muridnya. Interaksi antara siswa dan guru dijelaskan lebih lanjut dalam dokumentasi mengenai activities. Untuk tool-tool yang bertujuan untuk kolaborasi, guru dan juga para murid dapat berkolaborasi pada forum, wiki, glosarry, database activities dan lain sebagainya.

Seperti halnya ada kerja kelompok dalam dalam dunia nyata, Moodle juga mampu melakukan pembuatan group untuk siswa-siswanya. Pembuatan group ini tentu berkaitan dengan course yang sedang dijalankan.

Untuk mencatat penjadwalan aktivitas-aktivitas yang penting, Moodle juga memberikan fitur All-in-one calender yang dapat mengingatkan kita mengenai kalender akademik, deadline course, group meeting dan event-event yang lain.

Berkaitan dengan tracking course-course yang dijalankan, guru dapat melakukan tracking kemajuan study dari murid-muridnya. Dari sisi murid atau siswa, maka siswa juga dapat memantau course-sourse yang sedang dia ikuti.

Untuk instalasi aplikasi ini, kita dapat mendowload Moodle dan menginstal di server kita sendiri dan bukan di shared hosting. Atau kalau tidak mau menginstall tapi mau membayar pihak lain untuk melakukan instalasi, kita dapat menggunakan MoodleCloud.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi
1. https://docs.moodle.org/34/en/Main_page .
2. https://moodle.org/ .
3. https://moodle.com/ .
4. https://moodle.com/cloud/ .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pengertian Moodle online Learning Management System
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday