Dalam era persaingan bisnis yang semakin sengit ini, perusahaan yang berpikir jangka panjang akan menyadari bahwa kualitas sumber daya manusia memegang peranan penting dalam kemampuan perusahaan bersaing dengan perusahaan lain. Perusahaan yang menyadari pentingnya kualitas SDM ini akan berusaha mendapatkan kandidat terbaiknya. Untuk mendapatkan kandidat terbaik, tentu saja perusahaan harus memiliki inisiatif untuk menunjukkan kepada kandidat bahwa perusahannya merupakan tempat kerja yang nyaman untuk kandidat dapat mengembangkan seluruh potensinya.

Perusahaan kemudian akan membuat iklan pencitraan pada berbagai media sebagai tempat yang nyaman dalam bekerja dan berkarir. Perusahaan dapat menampilkan gedung perusahaan, dekorasi ruangan dan juga penataan ruangan yang memberikan kesan mewah dan menyenangkan. Perusahaan dapat juga memberikan pencitraan mengenai kesempatan berkarir maupun kesempatan mendapatkan training ke luar negeri. Beberapa perusahaan asuransi juga menampilkan pencitraan kesempatan bepergian ke luar negeri sebagai bagian menarik agen asuransi.

Secara etika, boleh saja membuat pencitraan sepanjang pencitraan itu sesuai dengan kenyataan. Jika manajemen perusahaan memang bagus, dan jenjang karir juga jelas maka perusahaan boleh membuat pencitraan mengenai karir yang bagus jika bekerja pada perusahaan tersebut. Begitu juga, jika perusahaan menata ruangkerja dengan rapi dan estetis, perusahaan boleh membuat iklan sebagai perusahaan yang nyaman dalam suasana kerja.

Penempatan iklan juga mempengaruhi jenis kandidat yang akan didapatkan. Iklan di media masa cetak terkenal akan meningkatkan kesan sebagai perusahaan yang besar karena kandidat tahu bahwa iklan di media cetak itu mahal. Tentu saja iklan juga harus jujur sesuai isinya, jangan sampai membuat iklan lowongan kerja hanya sekedar supaya perusahaan dikenal oleh masyarakat umum.

Website juga dapat digunakan untuk pencitraan perusahaan. Perusahaan dapat menggunakan websitenya untuk menekankan bahwa perusahaan menghargai keanekaragaman, inovasi dan keterbukaan. Perusahaan dapat menggunakan gambar maupun video untuk menekankan kesan ini. Keanekaragaman dan penghargaan inovasi ini mempunyai peluang menarik perhatian kandidat yang potensial bagi perusahaan.

Selain kesan sebagai hasil pencitraan pekerjaan, detail dari pekerjaan tersebut juga mempengaruhi ketertarikan dari kandidat. Kandidat yang senang dengan pekerjaannya sebagai akuntan, akan lebih mencari lowongan sebagai akuntan dan pertimbangan keduanya adalah kesan dari perusahaan tersebut. jadi untuk kalangan profesional, natur dari pekerjaan lebih menari bagi dia dan kesan dari peusahaan merupakan prioritas berikutnya setelah nature dari pekerjaan tersebut.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pencitraan dalam iklan lowongan kerja
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday