Pendekatan motivasi merupakan pendekatan secara psikologi dan manajemen sebagai reaksi dari pendekatan mekanis. Jika pada pendekatan mekanis lebih mementingkan efisiensi pekerjaan yang mengakibatkan tingkat kepuasan pekerja kurang, maka pada pendekatan motivasi ini perancangan pekerjaan dirancang agar pekerja memiliki motivasi tinggi dalam bekerja. Dengan kata lain juga perancangan pekerjaan dengan pendekatan motivasi memikirkan kepuasan pekerja dalam menjalankan pekerjaannya.

Pendekatan motivasi ini berfokus pada karakteristik pekerjaan yang memberikan arti bagi pekerjanya. Pekerjaan dirancang agar pekerjaan tersebut memberikan perasaan dirinya berarti bagi perusahaan. Perancangan pekerjaan dirancang agar pekerja memiliki kepuasan bekerja, pekerja memiliki motivasi internal, pekerja merasa dilibatkan dalam aktivitas perusahaan, dan sikap yang baik seperti kerajinan menjadi hal yang dihargai perusahaan.

Tanggapan pekerja terhadap pekerjaan tergantung dari karakteristik dari pekerjaan tersebut atau dalam bahasa Inggrisnya disebut Job Characterics Model
Dalam membicarakan model karakteristik pekerjaan, kita mengenal lima karakteristik yaitu

  1. Variasi keahlian atau skill variety
    Di sini variasi keahlian atau skill variety merupakan keahlian apa saja yang diperlukan untuk mengerjakan tugas tersebut. Tentu saja makin banyak skill yang digunakan, pekerja akan semakin merasa berarti bagi perusahaan.
     
  2. Identitas tugas atau task identity
    Identitas tugas atau task identity ini merupakan gambar besar menyeluruh dari tugas. 
     
  3. Otonomi atau autonomy
    Otonomi atau autonomy merupakan tingkat wewenang yang diberikan kepada pekerja dalam mengambil keputusan. Pekerja yang diberi wewenang mengambil keputusan tentu senang karena memiliki wewenang, tetapi wewenang juga tidak boleh terlalu besar karena takut tidak bisa diantisipasi oleh perusahaan.
      
  4. Masukan atau feedback
    Di sini masukan atau feedback merupakan penilaian dari atasan mengenai kinerja dari pekerjaan yang dilakukan. Pekerja yang menerima performance management evaluation akan lebih termotivasi dalam menjalankan pekerjaan.
     
  5. Arti penting tugas atau task significance
    Arti penting tugas atau task significance merupakan informasi bagaimana tugas tersebut penting bagi orang lain, bagi perusahaan dan juga bagi pelanggan. Pekerja yang merasa pekerjaannya penting bagi perusahaan akan bekerja lebih termotivasi, tentu juga harus diimbangi dengan reward dan punishment yang jelas.

Lima karakteristik pekerjaan diatas menentukan tiga aspek psikologi pekerja itu
1. Mengalami keberartian bekerja atau experienced meningfullness
2. Bertanggung jawab atau responsibilty
3. Mengetahui hasil atau knowledge of results

Untuk lebih memberikan motivasi, perusahaan dapat melakukan pengembangan pekerjaan (job enlargement),  menambah kesempatan mengambil keputusan dengan job enrichment dan team kerja yang dimanage sendiri (self managing works team).  Tentu saja langkah-langkah ini harus diberikan pada porsi yang tepat supaya tidak membuat pekerja kelelahan karena pekerja yang kelelahan justru akan mengurangi motivasi dalam bekerja.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pendekatan motivasi pada perancangan pekerjaan
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday