Bagian penting dari performance manajemen atau manajemen kinerja adalah bagaimana  caranya melakukan evaluasi performance. Dalam melakukan penilaian kinerja ini ada lima pendekatan berbeda yang dapat dilakukan.

Pendekatan pengukuran performance dapat dilakukan lima macam pendekatan yaitu

  1. Pendekatan perbandingan
    Pada pendekatan perbandingan (comparative approach) ini bisa dilakukan dengan membuat rangking antar karyawan, membuat distribusi kinerja (forced distribution), maupun perbandingan satu dengan satu (paired comparison) .
     
  2. Pendekatan atribut
    Pada pendekatan atribut (attribute approach) ini performance manajemen  akan menilai karyawan berdasarkan atribut yang melekat pada karyawan dan tentu saja dibutuhkan perusahaan. Tiap karyawan akan dinilai pada aspek pengetahuan, kemampuan berkomunikasi, kepemimpinan, inisiatif, tingat inovasi, kerja sama tim, kemampuan interpersonal dan lain sebagainya.
    Teknik yang dapat digunakan pada pendekatan atribut ini adalah Graphic Rating Scales dan Mixed standard scales.
  3. Pendekatan behavior
    Pada pendekatan kelakuan  (behavior approach ) ini, karyawan-karyawan ini akan dinilai berdasarkan kelakuannya, misalnya kelakukan dalam ketepatan waktu kerja, kerapian ruangan dan lain sebagainya.
    Bagian dari behavior ini adalah model dari kompetensi. Penilaian akan dilakukan pada bagian-bagian dari Compentency Model.
      
  4. Pendekatan hasil
    Dalam pendekatan hasil (results approach) ini karyawan-karyawaan akan dilihat berdasarkan hasil kerja yang telah ditetapkan secara objektif.

    Pengukuran performance berdasarkan hasil ini ada dua system yaitu
    a. Balance Scorecard
    b. ProMes yang merupakan kependekan dari Productivity Measurement and Evaluation System
     

  5. Pendekatan kualitas
    Pendekatan kualitas (quality approach) ini berkaitan dengan pengembangan kualitas yang terus menerus, mengurangi kesalahan pada produk dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Pengendalian proses menggunakan statistik sangat penting dalam quality approach. Pada quality approach kita akan menemui process-flow analysis, cause-and-effect diagram, control chart, histogram, scattergrams, pareto chart dan lain sebagainya.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pendekatan pengukuran performance
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday