Untuk menentukan KPI (Key Performance Indikator) yang baik kita dapat membuat KPI yang baik menggunakan kriteria C-SMART. Kriteria C-SMART ini merupakan kependekan dari Challenging, Specific, Measurable, Attainable, Relevant dan Timebond.

Penjelasan KPI yang baik dengan kriteria C-SMART adalah

  1. Challenging
    KPI yang memenuhi challenging adalah KPI yang menantang untuk dikerjakan. Karyawan maupun bagian manajemen melihat bahwa KPI tersebut menantang untuk dikejar pencapaiannya. Karyawan dan manajemen akan termotivasi untuk mengejar target indikator yang ada di dalam KPI.
      
  2. Specific
    KPI yang specific berarti KPI yang jelas. Di sini KPI dapat dimengerti dengan baik dan benar baik oleh manajemen maupun penanggung jawab KPI tersebut.
      
  3. Measurable
    KPI yang measurable berarti kinerja tersebut dapat diukur dengan obyektif. KPI yang measurable ini merupakan KPI yang terus menerus bisa diukur untuk memantau sampai seberapa maju pencapaian KPI.
      
  4. Attainable
    KPI yang attainable adalah KPI yang dapat dicapai oleh karyawan ataupun oleh manajer. KPI yang attainable ini tidak boleh terlalu mudah dan juga tidak boleh melampui kemampuan karyawan yang diberi tanggung jawab KPI ini. KPI ini tidak boleh terlalu rendah karena akan membuat karyawan meremehkan KPI ini. KPI juga tidak boleh di luar kemampuan karyawan karena akan membuat patah semangat sebelum mengerjakan pekerjaan. Pastikan juga bahwa karyawan memiliki kendali terhadap KPI yang merupakan tanggung jawabnya.
     
  5. Relevant
    KPI yang relevant berarti KPI tersebut berkaitan dengan kinerja perusahaan dan juga berkaitan dengan pekerjaan karyawan yang menerima KPI ini.
     
  6. Timebond
    KPI yang timebond ini berarti KPI yang pencapaiannya dibatasi dalam kurun waktu tertentu. Ada KPI yang dipecah menjadi periode yang lebih kecil misalnya target penjualan dan target produksi

Kemudian berkaitan jumlah KPI yang akan diterapkan juga tidak boleh terlalu sedikit atau terlalu banyak. Level organisasi baik diterapkan 4-10 KPI, level departemen dapat diterapkan 4-10 KPI dan level staf dapat diterapkan 4-10 KPI.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

« | »