Perusahaan yang menekankan keunggulan kompetitif pada kekuatan sumber daya manusia akan sangat memperhatikan organisasi perusahaan. Perusahaan berusaha menarik kandidat terbaik, menempatkan dalam perusahaan, dan berusaha membuat betah karyawan supaya karyawan dapat mengeluarkan potensi terbaiknya. Jika perusahaan menetapkan sebuat strategi perusahaan dan semua karyawan secara terogranisasi dengan  baik mengeluarkan potensi terbaiknya maka perusahaan memiliki peluang memenangkan persaingan pasar, terus berkembang dan memberikan sumbangsih bagi karyawan, pemegang saham perusahaan, pemerintah dan tentu saja masyarakat.

Ada yang mengatakan bisnis itu adalah sebuah game yang dimainkan oleh banyak kelompok. Kelompok yang menang dalam game adalah kelompok yang memiliki anggota team yang trampil dan tentu saja kompak. Begitu juga dalam persaingan bisnis, perusahaan yang memiliki SDM (sumber daya manusia) yang berkualitas, produktif dan kompak mempunyai peluang dalam memenangkan persaingan bisnis. Tentu saja kualitas, produktifitas dan kekompakan karyawan ini juga harus ditopang oleh strategi perusahaan yang baik.

Dalam hubungan antar bangsa, ada negara yang menjadi daya tarik bagi profesional-profesional untuk mengembangkan karirnya. Banyak tenaga ahli yang cerdas berbondong-bondong ke negara tersebut dan menjadi penggerak ekonomi tingkat tinggi bagi negara tersebut. Tetapi ada juga saatnya berbalik ketika banyak tenaga ahli dan profesional yang juga pindah dari negara maju ke negara berkembang mungkin juga karena persaingan yang terlalu jenuh di negara maju, dan di sini negara berkembang mendapatkan tenaga ahli  yang bagus.

Dengan demikian perusahaan perlu menyeleksi karyawan dengan seksama dan juga penempatan pada posisi yang baik bagi perusahaan dan nyaman bagi karyawan. Perusahaan perlu mengurangi kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi pada saat seleksi dan penempatan karyawan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pentingnya seleksi dan penempatan karyawan
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday