Dalam proses perekrutan tentu ada perjumpaan antara perekrut yang menyampaikan lowongan pekerjaan dan juga pelamar yang melamar pekerjaan. Berikut ini beberapa karakteristik dari perekrut yang menentukan minat dan kesediaan pelamar untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Karakteristik perekrut yang perlu diperhatikan adalah 

  1. Departemen dari perekrut
    Pelamar lebih senang bertemu dengan perekrut yang berada pada departemen terkait daripada bertemu dengan departemen SDM (Sumber Daya Manusia). Pelamar yang melamar sebagai programmer lebih senang bertemu dengan perekrut yang menduduki jabatan sebagai senior programmer. Tetapi tentu saja pada perusahaan yang baik, departemen SDM harus berperan aktif dalam proses rekrutmen. Untuk menjembatani maka bisa dilakukan wawancara yang dihadiri dari departemen terkait dan juga departemen HRD.
     
  2. Keramahan perekrut
    Keramahan perekrut ketika mewancarai pelamar juga menentukan kesan pelamar. Perekrut yang memperlakukan pelamar dengan baik akan memberikan kesan yang baik di mata pelamar dan akan membangkitkan minat untuk bekerja pada perusahaan tersebut. Perekrut yang baik dapat menunjukkan sikap yang ramah dan menunjukkan minat untuk mengetahui bagaimana pelamar dapat berkontribusi dan berkarya bagi perusahaan.
  3. Informasi yang disampaikan dan harapan pelamar
    Dalam melakukan wawancara kepada pelamar, perekrut akan memberikan informasi mengenai pekerjaan yang akan dijalani seandainya pelamar diterima untuk bekerja. Perekrut akan memberikan informasi mengenai kebijakan perusaahaan terkait sumber daya manusia misalnya tentang karir. Pada wawancara ini mungkin juga diinformasikan peluang-peluang berkarir atau fasilitas-fasilitas lain yang mungkin akan dinikmati pelamar. Di sini perekrut harus bijak memberikan informasi yang real, jika terlalu rendah tentu mengurangi minat pelamar untuk bergabung ke perusahaan. Sebaliknya jika informasi diberikan secara berlebihan, pelamar dapat memiliki harapan yang sangat tinggi, dan jika ternyata tidak terbukti maka dianggap perusahaan membohongi dan kemungkinan tidak betah dan ingin keluar.

Hal-hal di atas adalah peran perekrut dalam mewancarai pelamar, tetapi di luar itu karakteristik dari pekerjaan itu sebenarnya yang menjadi daya tarik pelamar. Karakteristik pekerjaan yang sesuai bidangnya dan tentu cocok dengan gajinya adalah hal yang paling diperhatikan dari pelamar.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Peran perekrut dalam rekrutmen
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday