Pada artikel-artikel sebelumnya kita telah membahas job analysis dan job design. Kita juga telah membahas  mengenai mengenai persediaan dan permintaan pekerja. Kita juga pasti sudah mendengar bahwa merencakan merupakan hal penting dalam menjalankan sesuatu, bahkan ada yang mengatakan ‘jika kita gagal merencanakan, berarti kita merencanakan kegagalan’. Hal ini secara umum benar karena secara umum tidak ada keberhasilan yang datang tiba-tiba, setiap keberhasilan pasti sudah dimulai dengan perencanaan, perjuangan dan pada saat yang tepat mencapai keberhasilan.

Begitu juga dalam merencanakan sumber daya manusia perusahaan, jika kita ingin membentuk sumber daya manusia yang efektif menjalankan visi dan misi perusahaan maka departemen SDM atau departemen sumber daya manusia perlu membuat perencanaan. Perencanaan yang dibuat oleh departemen sumber daya manusia ini kemudian kita sebut perencanaan sumber daya manusia atau dalam bahasa Inggris kita menyebut Human Resources Planning.

Perencanaan sumber daya manusia meliputi langkah-langkah berikut ini:

  1. Perkiraan dari tenaga kerja pada saat terjadi kelebihan tenaga kerja maupun saat terjadi kekurangan tenaga kerja manusia.
    Di sini akan dilakukan perkiraan kebutuhan pekerja dan juga perkiraan persediaan tenaga kerja yang ada di pasar.
      
  2. Membuat gol atau tujuan dan juga membuat perencanaan yang strategis
     
  3. Implementasi dan evaluasi
    Tentu saja perencanaan tidak akan berguna jika tidak ada implementasi. Di sini juga perlu dilakukan evaluasi supaya kualitas sumber daya manusia perusahaan semakin produktif untuk kemajuan bersama antara karyawan dan perusahaan

Kita akan membahas masing-masing tahapan ini pada artikel-artikel berikutnya untuk memudahkan kita memahami perencanaan sumber daya manusia karena kita tahu bahwa keberhasilan menjalankan strategi pengembangan sumber daya manusia akan menentukan keunggulan kompetitif dalam perusahaan bersaing dengan perusahaan lain. Tentu saja pengembangan sumber daya manusia harus terjadi seiring dengan strategi perusahaaan yang telah dicanangkan oleh pimpinan-pimpinan perusahaan. Di sini jika stretegi perusahaaan memang sesuai dengan kebutuhan pasar, maka keberhasilan perencanaan dan implementasi pengembangan sumber daya manusia yang baik memberikan kemungkinan perusahaan menang dalam persaingan pasar.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Perencanaan sumber daya manusia
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday